Selektif dalam Hal Kerjasama, DPRD Wajo akan Pertimbangkan Media Tidak Produktif

[caption id="attachment_3157" align="alignnone" width="960"] Kasubag Humas dan Protokol DPRD kabupaten Wajo, Andi Gusti Sam[/caption]

INILAHCELEBES.ID, WAJO - Humas dan Protokol DPRD kabupaten Wajo mengaku akan memperketat sistem kerjasama pemberitaan terhadap media massa yang mengajukan proposal untuk penawaran kerjasama publikasi untuk tahun 2018. Hal ini berkaitan dengan komposisi anggaran yang dikelola.


Kasubag Humas dan Protokol DPRD kabupaten Wajo, Andi Gusti Sam mengatakan, mulai tahun 2018 nanti, pihaknya akan menyeleksi semua media massa yang mengajukan proposal untuk penawaran kerjasama publikasi terkait sejumlah kegiatan-kegiatan DPRD kabupaten Wajo.


Menurutnya, ada sejumlah persyaratan dan hasil evaluasi internal yang harus dilengkapi media massa yang akan melakukan kerjasama dengan Pemkab DPRD Wajo.


“Yang penting itu terkait legalitas, seperti berbadan hukum, NPWP perusahaan, dan kelengkapan lain yang dibutuhkan. Juga jumlah oplah untuk media cetak serta tingkat kunjungan atau rating bagi media online dan hasil evaluasi dari pemberitaan selama tahun 2017,” ungkapnya.


Dijelaskan, meningkatnya jumlah media massa baik cetak maupun online membuat pihaknya harus betul-betul selektif dalam hal kerjasama iklan. Selain persyaratan legalitas, pihaknya juga melihat produktifitas media tersebut terkait komposisi berita DPRD Kab. Wajo.


“Kami harus memperbaiki manajemen kehumasan, agar dapat mengelola anggaran dengan bijak dan tepat guna. Banyak media yang sudah kerjasama baik iklan dan advertorial, tapi grafis beritanya turun. Ke depan media tersebut jadi pertimbangan,” ujarnya.


Katanya, sub bagian Humas juga secara terus-menerus melakukan monitoring terhadap media cetak harian, mingguan, bulanan, media online, dan TV Lokal, terkait pemberitaan DPRD Kab. Wajo di berbagai media massa tersebut,” jelasnya.


Berdasarkan hasil monitoring tersebut ada beberapa media cetak, elektronik dan online yang produktifitas pemberitaan tentang DPRD Kab. Wajo sangat minim. “Hasil evaluasi internal demikian. Tahun depan, media-media yang dinilai tidak produktif ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk kerjasama,” jelasnya.


Lebih lanjut A. Gusti mengatakan, kerjasama publikasi yang dilaksanakan dengan sejumlah media massa selama ini berdampak positif, sehingga masyarakat dapat mengetahui kegiatan serta program kerja apa saja yang dilaksanakan DPRD Kab. Wajo. (*)


Editor: Firman

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال