Bahas Implementasi Program Kerja, Komisi II DPRD Wajo Gelar RDP dengan Perindagkop UKM


InilahCelebes.com, Wajo - Komisi II DPRD Kabupaten Wajo menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Wajo, Selasa (27/02/24).

Ketua Komisi II DPRD Wajo, Ir H Sudirman Meru mengatakan, RDP ini membahas terkait dengan implementasi program kerja Dinas Perindagkop dan UMKM sebagai tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja sebelumnya.

Adapun empat poin yang dibahas pada rapat kerja tersebut, di antaranya terkait informasi dan petunjuk teknis terhadap peningkatan kualitas dan jaminan pasar para pelaku industri kecil dan menengah rumput laut di Kabupaten Wajo, pada Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar.

"Termasuk tindak lanjut hasil kordinasi program pengembangan ekonomi kreatif dan dukungan anggaran pada tahun 2024, pada Disprindakop dan UMKM setelah kuker di Polman Sulbar lalu," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Politisi PAN ini, Komisi yang membidangi Ekonomi dan Keuangan DPRD Wajo ini, juga membahas referensi dan advis baik dari aspek regulasi kebijakan daerah dan konsilisasi program Pemprov Sulsel, dan penetapan produk komoditas unggulan sutera Kabupaten Wajo pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulsel.

"Begitu juga dengan studi tiru terkait dengan penetapan komoditas unggulan terhadap perencanaan daerah pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulsel," terangnya.

Dengan digelarnya rapat tersebut, Komisi II DPRD Wajo berharap agar produk lokal tetap diadakan pemantauan di lapangan dan yang layak disertifikasi atau dikembangkan dengan baik dengan kemasan yang komersial.

"Kita juga mengharapkan Dinas Perindakop dan UKM tetap intens membangun komunikasi dengan BBIHP Makassar dalam upaya peningkatan mutu dan kerjasama dengan kementerian Perindustrian. Di samping itu, diupayakan adanya regulasi yang dapat menjadi dasar penetapan tentang komoditas produk unggul Kabupaten Wajo," pungkas Sudirman Meru.

Turut hadir, Ketua dan Anggota Komisi II DPRD Wajo, Kepala Dinas Prindakop UKM Wajo diwakili oleh Sekertaris Disperindakop UKM, Muh Tahir dan Kabid Perindustrian, Muh Darwis dan Kabag Risalah dan Perundang-Undangan DPRD Wajo, Bayu Utomo Putra. (Humas DPRD Wajo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال