Kemenag Bakal Pantau Hilal di 77 Titik Tentukan Awal Ramadhan, MakassarTermasuk Salah Satunya

INILAHCELEBES.ID, MAKASSAR - Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat guna menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1438H yang direncanakan pada Jumat (26/5) mendatang.

Untuk menentukan awal Ramadhan tersebut, Kementerian Agama bakal melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh nusantara, termasuk salah satunya di kota Makassar Sulsel yang mengambil lokasi di puncak Mall GTC Tanjung Bunga.

“Dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kementerian Agama, M. Thambrin di Jakarta, Senin (22/5).

Dikatakannya, sidang Isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama jalan M.H. Thamrin Nomor 6 Jakarta, dimulai pukul 17.00 WIB dan akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Sidang diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438H oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Setelah shalat Magrib berjamaah, dilanjutkan sidang isbat dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais).

Selanjutnya, hasil sidang isbat akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers. (Wardy/Firman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال