Gelar Operasi Ramadniya Polres Wajo Cek Kesehatan Sopir

INILAHCELEBES.ID, WAJO - Untuk menciptakan rasa aman dan kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran, jajaran Polres Wajo melaksanakan Operasi Ramadniya, dengan melakukan pengecekan kesehatan Sopir angkutan umum dan pengecekan uji layak kendaraan yang digunakan sebagai transportasi mudik lebaran 2017.


Kapolres Wajo AKBP Noviana Tursanurohmad mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap sopir angkutan bermaksud untuk mengecek kondisi fisik sopir agar pengemudi membawa kendaraannya dalam keadaan sehat dan fit.



“Kita lakukan pengecekan kesehatan dan lainnya agar pengemudi membawa kendaraannya dalam keadaan sehat dan fit,” ujarnya, Senin (19/6) kemarin.


Selain itu pihaknya juga menghimbau, agar pengemudi memeriksa kelengkapan kendaraannya seperti ban serep, dongkrak, kotak P3K serta manaati peraturan lalu lintas.


Bukan hanya memeriksa kesehatan, Polres Wajo sekaligus melakukan tes narkoba kepada para sopir bus. Dia menegaskan sopir bus yang kedapatan mengkonsumsi narkoba bakal diproses hukum sesuai UU Narkotika.


“Kita juga cek para pengemudi, memastikan tidak ada yang terlibat narkoba, kegiatan ini diarahkan untuk pencegahan sekaligus penegakan bagi pengemudi yang terlibat narkoba. Keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pemudik,” ujarnya


Sementara Kasatlantas Polres Wajo AKP Mustari menjelaskan, pemeriksaan kesehatan digelar dalam rangka menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik Lebaran 2017.


“Jika kita temukan sopir dalam kondisi tidak sehat, maka kita meminta sopir tersebut untuk lebih dahulu beristirahat,” kata mantan kasat lantas Bantaeng ini.


Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan ini di antaranya tensi, kandungan alkohol, gula darah, ishihara atau buta warna, dan amfetamin, dalam operasi Ramadaniya tersebut juga dihadiri Dandim 1406 Wajo, Kasatpol PP serta Kadis Perhubungan kabupaten Wajo. (Zahar/Firman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال