Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

no-style

Berprestasi di Bidang Perkebunan, Kabupaten Wajo Terima Penghargaan

Tuesday, December 11, 2018 WIB Last Updated 2020-05-11T15:33:07Z


INILAHCELEBES.ID, Bandung - Dalam peringatan Hari Perkebunan ke-61 tahun 2018, Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo menerima penghargaan dari Dirjen Perkebunan Kementerian Perkebunan. Penghargaan itu diberikan dalam kegiatan yang dipusatkan di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Senin (10/12/2018).


Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Dinas Perkebunan dalam melakukan sinergi dengan petani perkebunan untuk memberikan inovasi motivasi dalam mengembangkan Desa Mandiri benih, dengan membangun rumah pembibitan dalam menjaga kesinambungan ketersediaan benih pada tingkat petani perkebunan.


Sehingga diharapkan mampu menyediakan benih di tingkat petani, dengan kualifikasi benih unggul yang bersertifikasi dengan produksi tinggi. Di samping itu, Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo telah membangun kebun induk dinas, di antaranya kebun Induk kelapa 5 Ha, kebun induk Kakao 1 Ha, kebun induk Enteres 2 Ha, Kebun Induk cengkeh 2 Ha, dan kebun induk lada 1 Ha.


Dengan keberadaan kebun induk dinas yang dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo, maka diharapkan Kabupaten Wajo sebagai sentra industri benih di Sulawesi Selatan, yang diharapkan memenuhi kebutuhan bibit benih di tingkat petani perkebunan.


Kegiatan tersebut turut dihadiri Ir. H. Muhammad Fajar Taruna, Kadis Perkebunan Ir. Baso Cappe, Kepala Bidang Tanaman Tahunan dan Penyegar, Kepala UPTD Benih, Camat Sabbangparu, Camat Gilireng, Kelompok Tani, dan Tenaga Pendamping Perkebunan dari Kabupaten Wajo.



Dalam kesempatan itu, Bupati Wajo yang diwakili Kepala Dinas Perkebukan Kabupaten Wajo, Ir Baso Cappe, menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah berprestasi terhadap pengembangan Inovasi Tekhnologi Pembenihan, dalam mendorong pengembangan Desa Mandiri Benih.


Saat dimintai keterangan, ia mengatakan, ini adalah suatu keberhasilan atas bimbingan Bupati Wajo.


“Karena beliau sangat konsisten terhadap pembangunan perkebunan, apalagi karena dibentuknya Dinas Perkebunan satu-satunya kabupaten yang memiliki Dinas Perkebunan dan beliau selalu merasa optimis,” ujar Baso Cappe.


Senada, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, telah ada pembicaraan dengan Direktur Pembenihan. Beliau menjanjikan pembangunan pembenihan di Sulawesi Selatan tahun depan


“Lokasi akan nanti kita tentukan apakah di Luwu, dimana nanti yang siap akan kita tempati untuk memberikan bibit unggul ke semua wilayah. Kemungkinan nanti diberi benih unggulan yang serba cepat,” ujarnya. (rls)

Komentar

Tampilkan

  • Berprestasi di Bidang Perkebunan, Kabupaten Wajo Terima Penghargaan
  • 0

No comments:

Post a comment

Terkini