News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hindari Perpecahan, Dominan Peserta Inginkan Kongres IGI Tanpa Voting

Hindari Perpecahan, Dominan Peserta Inginkan Kongres IGI Tanpa Voting

Kongres IGI periode 2021-2026 diselenggarakan secara virtual
INILAHCELEBES.COM, Bandung - Memasuki hari terakhir Kongres Ikatan Guru Indonesia (IGI) periode 2021-2026, mencuat usulan agar tak perlu ada voting dalam penentuan Ketua Umum IGI.

Memasuki hari ketiga kongres IGI Periode 2021-2026 yang dipusatkan di PPPPTK Bandung Jawa Barat yang berlansung 28/30 Januari 2021.

Hal tersebut terungkap dalam pembahasan kriteria calon Ketua Umum yang dipercayakan ke komisi B untuk membahasnya dalam Kongres yang telah berlangsung sejak Kamis (28/01/21), di Bandung, Jawa Barat. 

Dominan peserta mengisyaratkan agar organisasi yang sementara tumbuh dan berkembang ini perlu penguatan secara kelembagaan dan keanggotaan sehingga diharapkan persatuan anggota sangat dibutuhkan,  sehingga musyawarah mufakat dalam menentukan Ketua Umum beserta jajarannya lebih diutamakan.

Menurut salah satu peserta Komisi B utusan Makassar, menghadirkan pendiri IGI dan para calon Ketua Umum merupakan hal yang memang memungkinkan karena termaktub dalam AD/ART IGI.

Mekanisme ini dipilih untuk menjaga cita-cita dan harapan saat terbentuknya IGI karena dikhawatirkan mekanisme voting akan menimbulkan friksi yang cukup tajam membelah soliditas IGI secara nasional, ditambah kongres kali ini dilaksanakan secara virtual penuh yang sangat tergantung stabilitas jaringan internet.

Hal senada terungkap dari laporan salah satu peserta dari NTT yang sudah melapor ke Grup Panitia bahwa kemungkinan tidak bisa memilih karena kondisi cuaca yang tak bersahabat dengan jaringan internet. 

Dari usulan peserta kongres yang muncul, yakni Ketua Dewan Pembina: Mardjuki (Jatim), Ketua Umum: Khairuddin (Aceh), Ketua Harian: Danang Hidayatullah (DKI Jakarta), Sekjen: Ansar (Sulsel) dinilai cukup merepresentasikan keterwakilan secara geografis.

Mereka dianggap mampu oleh peserta kongres secara kapasitas dan kapabilitas diri serta terbukti mampu membangun jaringan satu sama lain sehingga diyakini IGI ke depan akan lebih maju dan visioner.

Ketua Wilayah IGI Sulsel, Abdul Wahid Nara saat dikonfirmasi, mendukung usulan tersebut

"Hal ini untuk soliditas dan sinergitas IGI secara nasional. Musyawarah adalah jalan terbaik. Mekanisme ini penuh solusi atas tantangan IGI ke depan secara nasional. Kita butuh jejaring bersama, tumbuh, dan berkembang bersama," ujarnya. (Rls)

Editor: Fhyr

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di emial anda secara gratis.

Posting Komentar