Jelang Pilkades Serentak, Anggota DPRD Minta Polisi Awasi Penggunaan Anggaran

Anggota DPRD Wajo, H Mustafa minta aparat hukum turut awasi anggaran Pilkades
INILAHCELEBES.COM, WAJO - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, H Mustafa meminta kepada aparat hukum untuk turut mengawasi penggunaan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 103 Desa di Kabupaten Wajo.

Dia juga mengimbau kepada seluruh Panitia Pilkades agar tidak bermain-main dengan anggaran yang mencapai miliaran tersebut.

“Anggaran Pilkades kali ini tidak sedikit sehingga dalam penggunaanya. Harus digunakan secara transparan dan dipertanggungjawabkan. Jika ada yang salah dalam pertanggungjawabannya, konsekuensi hukumnya sangat jelas,” tegas Legislator Partai Gerindra ini, Sabtu (22/05/21).

Lebih lanjut, Mustafa mengatakan, dengan anggaran Pilkades yang cukup banyak itu, maka sangat rawan dimainkan. Sehingga perlu untuk diawasi oleh semua pihak.

“Pihak berwajib dan Tim Saber Pungli juga harus mengawasi, termasuk masyarakat dan kita semua,” imbuhnya.

Di samping itu, menurut mantan anggota Brimob ini, pelaksanaan Pilkades serentak perlu diawasi dengan baik, sehingga ke depan tidak menimbulkan berbagai masalah seperti pengadaan logistik dan lain lain.

“Jangan sampai ada temuan yang di mark up oleh panitia atau pihak lain. Semua bentuk pengeluaraan apapun harus benar-benar terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Menurutnya, jika nantinya ada temuan penyimpangan dana Pilkades terkait pengadaan logistik, aparat penegak hukum harus bertindak tegas.

“Sesuai Permendagri, anggaran yang digunakan itu ada dari APBD dan juga Dana Desa dan itu juga uang rakyat. Jangan sampai ada yang berani bermain dan jika ada, maka penegak hukum harus menindak tegas,” jelasnya.

Dia juga berharap dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Wajo dapat berjalan lancar dan kondusif serta tetap memperhatikan protokol kesehatan. (Adv)

 

Editor: Fhyr

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال