Afifuddin Ajak Alumni SKPP Bumikan Pengawasan

Pimpinan Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin kunjungi SKPP Bulukumba
INILAHCELEBES.com, BULUKUMBA – Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia, Mochammad Afifuddin memberi motifasi kepada peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) untuk ikut membumikan pengawasan kepada masyarakat.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri pembukaan SKPP di Kabupaten Bulukumba, yang berlangsung selama tiga hari, Sabtu-Senin (21-23/08/2021).

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan pemuda yang lolos seleksi dari tiga kabupaten, yakni Kabupaten Gowa, Kabupaten Jeneponto, dan Kabupaten Bulukumba.

“SKPP ini dilakukan agar nilai pengawasan dapat terpatri dalam diri generasi muda, sehingga ke depan semakin banyak yang tergerak untuk melakukan pengawasan di tengah masyarakat," kata Afifuddin.

Dia berharap kepada peserta SKPP untuk menjadi pionir dalam mengawasi Pemilu. Selain itu, bekerjasama dengan semua pihak dan bermitra dengan Bawaslu dalam menyukseskan Pemilu.

Ia juga meminta, tiga isu utama yang saat ini dapat menjadi perhatian khusus peserta SKPP yakni, politik uang, berita hoax, dan politisasi SARA.

"Terselenggaranya SKPP ini kita harapkan dapat melahirkan alumni yang dapat menjadi mata dan telinga Bawaslu yang akan lantang berteriak menolak politik uang. Selain itu, melawan berita-berita bohong dan  menolak politisasi SARA," tegasnya.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Sulsel, Kordiv Pengawasan, Amrayadi mengungkapkan, SKPP merupakan salah satu dari sekian program pengembangan pengawasan partisipatif. Dia pun menyampaikan, semakin banyak elemen yang terlibat, akan membuat semakin kuat pencegahan potensi pelanggaran.

"Semangat pengawasan partisipatif sebagai upaya pelibatan masyarakat dalam mengedukasi, menyadarkan, dan menyebarluaskan kesadaran berpolitik yang sehat dan berintegtitas," jelasnya. (Red)

Editor: Fhyr

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال