Bupati Wajo Resmikan 34 Kontainer UMKM di Kawasan Taman Callaccu

Bupati Wajo, Amran Mahmud meresmikan penggunaan kontainer UMKM di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Calaccu Sengkang
INILAHCELEBES.COM, Sengkang - Bupati Wajo, Amran Mahmud telah meresmikan penggunaan kontainer UMKM di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Calaccu Sengkang, Kecamatan Tempe, Minggu (23/01/22).

“Ini salah satu bagian kita melakukan pemulihan ekonomi di masa pandemi, sekaligus mendorong dan memfasilitasi para pelaku UMKM,” kata Amran.

Amran menyampaikan, rencananya awalnya adalah peresmian kawasan RTH secara keseluruhan. Tetapi diundur karena beberapa pertimbangan.

"Jika tidak ada halangan, kita akan resmikan pada tanggal 15 Februari 2022 mendatang, bersamaan dengan refleksi tiga tahun kepemimpinan kami bersama Wakil Bupati," ucapnya.

Amran juga menyampaikan bahwa usaha yang ada di tempat ini nantinya akan didaftarkan ke aplikasi Quick Response Indonesian Code Standard (QRIS). Termasuk  yang di tempat lain untuk pengenaan pajak restorannya.

Bupati meminta kepada pelaku UMKM yang memanfaatkan kawasan itu serta seluruh pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban.

Bupati Wajo mengunjungi salah satu kontainer UMKM di kawasan RTH
"Saya juga meminta kepada OPD terkait untuk memantau dan mengawasi sesuai tupoksi masing-masing. Kita terapkan aturan yang ada. Kawasan ini nantinya akan menjadi kawasan terpadu," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Wajo, Ambo Mai, menyampaikan bahwa memang pertumbuhan UMKM sejak tiga tahun terakhir cukup meningkat.

"Hingga akhir tahun 2021 tercatat ada 33.838 UMKM di Wajo, sebagian di antaranya adalah UMKM baru. Untuk kompleks kontainer seperti ini juga sudah tersebar di beberapa kecamatan, seperti Tempe, Pammana, Belawa, Pitumpanua, dan Majauleng," ucapnya.

Mewakili para pelaku UMKM yang ada di kawasan RTH tersebut, Ambo Mai menyampaikan terima kasih ke Pemkab Wajo atas peresmian kawasan ini.

Di kawasan RTH  ini, terdapat 34 deretan kontainer (tempat berbentuk boks) yang ditempati para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) menjual berbagai jajanan, baik makanan dan minuman. Bahkan, ada galeri dan servis telepon seluler. (Adv)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال