News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kakanwil Kemenag Sulsel Hadiri Pertemuan Kakanwil se-Indonesia, Ini yang Dibahas

Kakanwil Kemenag Sulsel Hadiri Pertemuan Kakanwil se-Indonesia, Ini yang Dibahas

Pertemuan Kakanwil Kemenag se-Indonesia di Balikpapan, Kaltim. (Foto: Wrd/Inilahcelebes)
INILAHCELEBES.COM, Balikpapan - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) se-Indonesia berkumpul di Hotel Grand Senyiur Kota Balikpapan, Senin 31/01/22).

Pertemuan itu dalam rangka Rapat Koordinasi Percepatan Rencana Kerja dan Anggaran 2022 serta Rancangan Rencana Kerja dan Anggaran 2023 Kemenag RI.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, H. Khaeroni yang turut hadir, memaparkan sejumlah persiapan dan rencana event Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) tahun 2022 sekaligus Peringatan Hari Santri Nasional, mengingat Sulsel sebagai tuan rumah.

Terkait moderasi beragama, Khaeroni menyebut, masing-masing Kanwil atau daerah memiliki style dan kreasi tersendiri menurut kebutuhannya. Di Sulsel misalnya, sudah melakukan Kemah Moderasi Beragama dan Kemah Lintas Iman. Yang artinya bentuk kegiatanya boleh saja, asalkan tujuan dari kegiatan bisa dimaksimalkan pencapaian outputnya.

"Ini adalah forum yang strategis, karena di forum ini kita bisa bersilaturahim, berkomunikasi, dan berbagi pengalaman, juga sebagai jembatan penghubung antara pusat dan daerah begitupun sebaliknya sehingga tugas–tugas Kemenag di wilayah masing-masing bisa semakin optimal,” ucap Khaeroni menanggapi pertemuan itu.

Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Khaeroni menyampaikan sejumlah pernyataan. (Foto: Wrd/Inilahcelebes)
Kepala Pusat KUB Kemenag RI H. Wawan Djunaedi menyampaikan, sambil menunggu terbitnya Inpres terkait Tahun Toleransi, pihaknya telah memiliki agenda kegiatan dalam menyambut moment tersebut, di antaranya Kick Off Harmoni Big (Pekan Harmoni Indonesia) yang direncanakan pada tanggal 17-21 Februari via Luring dan Daring untuk seluruh Kanwil dan PTKN.

Rencana, kegiatannya dipusatkan di salah satu destinasi wisata BPSB Likupang dan Kaima Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Sementara itu Kepala Biro Umum Setjen Kemenag RI H. Fesal Musaad memaparkan Kebijakan Sarana dan Prasarana Kemenag RI. Dia menuturkan, gambaran orientasi Anggaran Prioritas Kemenag RI selain moderasi beragama dan Revitalisasi KUA, juga difokuskan ke Digitalisasi Layanan dan Religiusity Indeks.

"Saya meminta seluruh Kakanwil agar lebih aktif mendata kelengkapan sarana dan prasarana yang ada di wilayah kerjanya serta memilah mana yang perlu rehabilitasi, renovasi, pembangunan baru dan sebagainya untuk membantu desain pengganggaran kita ke depan," ucap Mantan Kakanwil Sulawesi Utara ini. (Wrd)

Editor: Hrd

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar