1.118 Siswa SMAN 7 Wajo Ikuti Last Flag Ceremony, Bupati Wajo Beri Motivasi

Bupati Wajo, Amran Mahmud menjadi pembina upacara pada Last Flag Ceremony di SMAN 7 Wajo. (Hms)
INILAHCELEBES.COM, WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud menjadi Pembina Upacara pada upacara bendera yang dirangkaikan dengan Last Flag Ceremony SMAN 7 Wajo, Senin (07/03/22).

Sebanyak 1.118 siswa/siswi mengikuti upacara ini dan terkhusus kelas XII, ini menjadi upacara bendera terakhir mereka sebelum mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan menyelesaikan pendidikan di SMAN 7 Wajo.

Pada kesempatan itu, Bupati Wajo menuturkan, sektor pembangunan Sumber Daya Manusia merupakan sektor yang kompleks. Pembangunan SDM ini salah satunya melalui pendidikan.

"Hal ini harus dilakukan secara gotong-royong dan sinergi yang baik dari semua pihak terkait untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045," kata Amran.

Untuk menuju Indonesia Emas 2045, lanjut Bupati, perlu disiapkan sumber daya manusia atau generasi muda yang handal. Oleh karena itu, sektor pendidikan perlu terus berbenah dengan meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik dan tenaga pengajar. Begitupun dengan unsur-unsur pendukung lainnya agar bisa dibenahi.

Amran menjelaskan, saat ini Pemprov Sulsel tengah menggaungkan agar ditingkatkan literasi Al-Qur'an. Ini merupakan pondasi yang baik untuk menciptakan generasi insani dan generasi qur'ani menuju Indonesia Emas.

"Kita bersyukur di Kabupaten Wajo semua stakeholder termasuk pihak swasta ikut ambil bagian dalam upaya penciptaan generasi qurani ini. Karena dukungan dan sinergi dari semua pihak, saat ini tercatat sebanyak 3.581 orang anak yang sedang menghafal Al-Qur'an di Wajo," ucapnya.

Bahkan saat ini, sudah banyak perguruan tinggi yang menyiapkan "Karpet Merah" bagi penghafal Al-Qur'an yang mau kuliah. 

Program lainnya yang digaungkan Pemprov Sulsel, lanjut Amran, yaitu program smart school atau sekolah cerdas. Ini merupakan transformasi untuk menghadapi era 5.0.

Dia berpesan kepada para siswa/siswi SMAN 7 Wajo, untuk menghadapi era 5.0 perlu beradaptasi dengan perkembangan yang ada agar mampu bersaing di masa mendatang.

"Olehnya itu, anak-anakku semua perlu menanamkan dalam diri semangat untuk berprestasi. Setidaknya, milikilah hati yang bersih dan selalu berprasangka yang baik, nalar yang selalu mau belajar dan terutama kemampuan untuk mengendalikan hawa nafsu," ucapnya.

Usai pelaksanaan upacara, dilakukan pelepasan balon sebagai simbol flag ceremony. Kemudian dilanjutkan penanaman pohon secara simbolis oleh Bupati Wajo, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Kabupaten Soppeng-Wajo, Muhammad Yusri dan Kepala SMAN 7 Wajo, Andi Patmawati sebagai wujud dukungan Pemprov Sulsel untuk penghijauan di SMAN 7 Wajo.

Amran Mahmud juga turut diserahi penghargaan dari UPT SMAN 7 Wajo atas kesediaan menjadi Pembina Upacara. Bupati Wajo juga diminta menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada Tim Futsal SMAN 7 Wajo.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Muhammad Baso Iqbal, civitas akademika dan Ketua Komite Sekolah. (Adv)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال