Daftarkan Bacaleg, Golkar Wajo Sodorkan Tiga Isu Penting ke KPU

DPD II Golkar Kabupaten Wajo seusai mendaftarkan 40 Bacaleg di KPU Wajo. (Fr/Ic)

InilahCelebes.com, Wajo - Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Golkar Kabupaten Wajo dipimpin langsung dr Baso Rahmanuddin secara resmi mendaftarkan 40 Bakal Caleg (Bacaleg) di KPU Wajo, Minggu (14/05/23) sore. 

Nampak dalam rombongan, Anggota DPRD Wajo dari Partai Golkar yang juga eks Ketua DPRD Wajo, H Muhammad Yunus Panaungi dan eks Ketua Nasdem Wajo, Andi Gusti Makkarodda.

Dalam pendaftaran tersebut, Golkar Wajo tidak hanya membawa berkas Bacaleg untuk didaftarkan, tetapi juga membawa isu penting untuk didiskusikan dengan KPU dan Bawaslu Wajo.

Tiga isu yang dibawa Golkar Wajo, yakni isu Pemilu berkualitas dan berintegritas, isu  gender, dan isu sistem pemilu.

Ketua Golkar Wajo, dr Baso Rahmanuddin mengatakan, netralitas dan profesionalitas penyelenggara pemilu sangat penting untuk menciptakan Pemilu berkualitas dan berintegritas. Begitu juga masalah gender, yakni 30 persen keikutsertaan perempuan dalam Pileg.


Menurut DBR, sapaan akrabnya, harusnya keikutsertaan perempuan tidak harus dibatasi. "Kalau bisa 70 persen atau 100 persen perempuan, kenapa tidak. Supaya perempuan-perempuan yang punya potensi bisa ikut,” paparnya.

Terkait isu sistem pemilu, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo itu mengatakan secara tegas Golkar Wajo menolak sistem proporsional tertutup. Itu sesuai keputusan dari DPP Partai Golkar. “Kami dorong sistem pemilu proporsional terbuka,” tegasnya.

Sementara Ketua KPU Wajo, Haedar mengatakan, akan menjamin profesionalisme di lembaga yang dipimpinnya. Karena sebelum menduduki jabatan mereka sudah disumpah. 

“Kalau terkait isu keikutsertaan perempuan dan sistem pemilu proporsional tertutup, kami hanya mengikuti aturan yang ada. Intinya apa pun aturan yang disetujui kami sudah siap menjalankan,” ujarnya. (Fr)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال