Tempuh Medan Sulit, Tim Gabungan TRC BPBD Soppeng Padamkan Kebakaran Lahan Hingga Malam


Tim gabungan pemadaman kebakaran hutan dan lahan padamkan kebakaran lahan di pegunungan Sewo

InilahCelebes.com, Lalabata - Kebakaran lahan dan hutan terjadi di Pegunungan Sewo, Kelurahan Bila, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Jum'at (29/09/23).

Tim gabungan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terdiri dari TNI, Polri, TRC BPBD Soppeng, Damkar, Sat Pol PP, Tagana Dinas Sosial, dan Polhut langsung bergerak ke lokasi untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Soppeng, Sharani mengatakan, titik api sangat jelas terlihat di pusat kota, khususnya di posko siaga bersama bencana Yassisoppengi.

"Tim gabungan bergerak ke lokasi usai salat Jumat. Medan yang sangat terjal dan pendakian yang tinggi untuk menuju ke lokasi tidak mematahkan semangat para anggota untuk melakukan pemadaman," ujar Sharani.

Mereka memadamkan api dengan cara manual, dengan memukul api menggunakan ranting pohon dan membersihkan daun-daun untuk memutus rantai api supaya tidak menyebar.

"Banyaknya titik api sehingga kami membagi tim untuk melakukan pemadaman. Apalagi cuaca yang sangat panas dan tiupan angin sempat menyulitkan petugas gabungan. Api baru bisa dikuasai sekitar pukul 20.00 WITA," tambah Sharani.


Lebih lanjut, Sharani mengatakan, pihaknya telah sering melakukan pemadaman secara manual bilamana armada pemadam tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran hutan dan lahan.

Termasuk lokasi yang terjadi ini. Ada sekitaran puluhan hektar lahan yang terbakar di sekitaran Gunung Sewo.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Apabila menemukan kebakaran hutan dan lahan segera laporkan. Jangan membuang puntung rokok sembarangan," pungkasnya. (Rudinan)

Editor: Fhyr

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال