Hadirkan Gakkumdu, Bawaslu Wajo Gelar Rapat Penanganan Pelanggaran Pemilu

Waka Polres Wajo, Kompol Harjoko membawakan sambutan pada Rapat Penanganan Pelanggaran Pemilu yang dilaksanakan oleh Bawaslu Wajo. (Hrd/Ic)

InilahCelebes.com, Wajo - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wajo menggelar Rapat Penyelenggaraan Penanganan Pelanggaran Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, Minggu (08/10/23).

Pada pembukaan kegiatan yang digelar di aula Hotel Sermani ini dihadiri oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dari unsur kepolisian dan kejaksaan, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Wajo, Pimpinan Panwaslu Kecamatan (Panwascam) dan staf se-Kabupaten Wajo.

Waka Polres Wajo, Kompol Harjoko dalam sambutannya mengatakan, tugas Bawaslu dan Panwascam itu tugas berat. Menurutnya, tugas-tugas pengawasan identik dengan hal-hal aneh dan pelanggaran.

"Ke depan dibutuhkan sinergitas, kebersamaan, saling koordinasi, dan komunikasi yang baik dengan Gakkumdu. Tugas kita ke depan, kita bertugas mengawasi, kita yang jadi wasit. Bagaimana wasit bekerja supaya tidak ada celah dalam mengawasi," ujar Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar ini.

Lebih lanjut, Harjoko menuturkan, sebagai 'wasit', Bawaslu juga ada yang mengawasi. Sehingga dalam menjalankan tugas pengawasan, harus profesional dan netral. 

"Jangan yang mengawasi yang membuat pelanggaran, karena pasti kita akan diprotes oleh peserta pemilu. Mari kita laksanakan tugas dengan baik, tidak ada kepentingan dan beban," tambahnya.

Dia berharap, Bawaslu dan Panwascam terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian, baik itu melalui Gakkumdu maupun Polsek di wilayah kerja masing-masing.

"Tidak usah ragu untuk koordinasi dengan Gakkumdu. Saya sudah tekankan ke penyidik saya, begitu ada yang melanggar, kita akan proses sesuai aturan. Untuk Panwascam, kita berharap agar tajam mata dan telinga. Kalau ada masalah, segera komunikasikan," tegasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Wajo, Andi Hasnadi mengapresiasi sinergitas yang terbangun dengan pihak kepolisian dan kejaksaan.

"Pada kesempatan ini, kami meminta Panwascam untuk mengintenskan koordinasi dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Polsek di wilayah kerja masing-masing," pungkasnya. (Hrd)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال