Polres Wajo Ajak Wartawan Antisipasi Berita Hoaks


InilahCelebes.com, Wajo - Polres Wajo menggelar silaturahmi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Wajo di salah satu rumah makan di Kota Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Kamis (19/10/23).

Pertemuan tersebut dalam rangka mengantisipasi penyebaran berita hoaks di tengah masyarakat.

Waka Polres Wajo, Kompol Hardjoko mengatakan, pertemuan dengan PWI Wajo ini terkait penggunaan media sosial secara bijak dan antisipasi penyebaran berita hoaks/bohong.

Dia menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang bagaimana melihat dan menyikapi berita hoaks yang semakin gencar beredar di tengah-tengah masyarakat.

"Terutama berita Pemilu, Pilpres tahun 2024, dan Pilkades yang akhir-akhir ini kita lihat banyak berseliweran di medsos. Sehingga membuat masyarakat menjadi panik," ujarnya.

"Maka itu, kami hadir disini dengan teman-teman media PWI guna bersama-sama membahas bagaimana sebaiknya kita bersikap di tengah maraknya berita bohong ini,” sambung Wakapolres.

Sementara itu,  Kasat Intel Polres Wajo, AKP Amdia mengingatkan agar lebih bijak dalam melihat, bahkan men-share berita-berita yang belum tentu benar itu. Karena ada konsekuensi hukum atas semuanya sesuai UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

Ketua PWI Wajo, Rukman Nawawi mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk sinergitas dengan Polres Wajo guna menyikapi begitu maraknya berita hoaks yang semakin merebak di era digital yang semakin terbuka ini.

Mantan wartawan Pedoman Rakyat ini berharap, wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI Wajo senantiasa melakukan cek dan ricek dalam menggali informasi untuk kepentingan pemberitaan.

“Saya berharap rekan-rekan wartawan untuk hati-hati memberitakan sesuatu yang belum jelas. Lakukan cek dan ricek sebelum membuat berita,” ucapnya. (Hmz)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال