Perketat Pengawasan Pelipatan Surat Suara, Bawaslu Wajo Bentuk Tim Pengawasan


InilahCelebes.com, Wajo - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wajo telah membentuk tim dan jadwal untuk mengawasi secara ketat proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang ada di Gudang KPU Wajo.

Pada hari pertama penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta DPD RI di Gudang KPU Wajo, Senin (08/01/2024) dihadiri Wakil Bupati Wajo, Kesbangpol, Kapolres, Dandim 1406 Wajo, Kajari Sengkang, Ketua Bawaslu Wajo, Andi Hasnadi dan Koordinator Divisi SDMO Bawaslu Wajo, Andi Samsir.

Dalam pengawasannya, Bawaslu Wajo mendapati sebanyak 114 petugas sortir dan pelipatan yang dibagi ke beberapa kelompok.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Wajo, Andi Rahmat Munawar mengimbau kepada petugas untuk teliti dalam bekerja. Agar pada hari pencoblosan nantinya bisa diterima dengan kondisi yang baik saat sampai di tangan masyarakat.


Ketua Bawaslu Wajo, Andi Hasnadi menuturkan, kehadiran Bawaslu untuk memastikan bahwa petugas sortir dan pelipatan menjalankan tugas sesuai dengan tata cara dan Standar Operasional Prosedur yang berlaku.

"Semua pihak yang terlibat diharapkan melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab," tegasnya.

Sementara, Andi Samsir menambahkan, pengawasan terhadap surat suara akan terus dilakukan hingga selesai proses pelipatan, dengan memastikan jumlah dan kondisi surat suara.

"Jumlah surat suara yang dilipat harus tepat dengan jumlah DPT ditambah 2 persen," jelasnya.

Pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Wajo ini diharapkan dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa pemilihan berlangsung secara demokratis dan akuntabel. (Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال