News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kakanwil Kemenag Sulsel Harapkan Aksioma Jadi Ajang Kreatifitas Siswa

Kakanwil Kemenag Sulsel Harapkan Aksioma Jadi Ajang Kreatifitas Siswa

INILAHCELEBES.ID, MAKASSAR - Dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah, Kementerian Agama menyusun berbagai program demi suksesnya penyelenggaraan pendidikan madrasah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.



Keberhasilan pendidikan ditopang dengan kesiapan peserta didik secara jasmani dan rohani dalam menerima pendidikan di madrasah, siswa yang memiliki jasmani yang sehat dan berkarakter baik, akan mempermudah pendidik dalam melaksanakan pembelajarannya baik di kelas maupun di luar kelas.


Hal itu diutarakan Kakanwil Kemenag Sulsel Abd. Wahid Tahir dalam sambutannya pada pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) di auditorium Hotel Wisata Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, Ahad (9/7).


"Dari sinilah lahir ide program AKSIOMA sebuah kompetisi yang memadukan antara prestasi jasmani, rohani dan karsa (seni) dalam mengembangkan kreatifitas dan prestasi siswa Madrasah," tutur Abd. Wahid Thahir di hadapan ribuan hadirin.


Selain itu, Abd. Wahid juga menegaskan agar ajang ini dilaksanakan dengan penuh sportifitas dan profesional, utamanya kepada para wasit dan dewan juri serta panitia pelaksana, karena hasil terbaik akan lahir dari proses yang terbaik pula.


"Hindari sekecil apapun bentuk kecurangan dan manipulasi, karena kita semua disini bukan sekedar mengejar juara atau yang terbaik semata, akan tetapi nilai silaturrahmi itu lebih diutamakan," paparnya.


Peserta terbaik di ajang ini akan mewakili Propinsi Sulawesi Selatan dalam Event AKSIOMA Tingkat Nasional yang akan digelar Bulan Agustus di Kota Yogyakarta tahun ini juga.


Sebelumnya, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel DR. Hj. Yuspiani, selaku penanggungjawab kegiatan ini mengatakan, salah satu tujuan diselenggarakannya ajang kompetisi ini adalah untuk membangun citra madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas melalui pengembangan potensi dan kreatifitas siswa.


AKSIOMA tahun 2017 ini diikuti oleh 845 orang Peserta dan pendamping se-Sulsel dan mempertandingkan atau melombakan 9 (sembilan) cabang diantaranya MTQ (MI, MTs,MA), Pidato Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab, Kaligrafi, Singer, Tahfidz, Hadroh, Bulu Tangkis, Tenis Meja dan Futsal.


"Panitia penyelenggara juga menyiapkan sejumlah Hadiah bagi para Juara Juara, di antaranya hadiah Handphone Android bagi Pemenang 1, 2 dan 3, ditambah Piala dan piagam penghargaan,” jelas Kasi Kesiswaan pada Bidang Penmad Kanwil, Tirtawati selaku Ketua Panitia. (Wardy/Firman)

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di emial anda secara gratis.

Posting Komentar