News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lulus Berkas, 642 Orang Bakal Ikuti Tes Tertulis Panwaslu Kabupaten Kota

Lulus Berkas, 642 Orang Bakal Ikuti Tes Tertulis Panwaslu Kabupaten Kota

INILAHCELEBES.ID, MAKASSAR - Sebanyak 642 orang yang dinyatakan lulus berkas pada penerimaan calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan akan mengikuti tes tertulis pada 16 Juli 2017.




[caption id="attachment_1968" align="aligncenter" width="800"] Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi (foto: int)[/caption]

“Kita berharap peserta yang telah lulus berkas dan akan mengikuti tertulis agar belajar dengan baik, sehingga hasilnya bisa maksimal," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Sulsel, Laode Arumahi di Makassar.


Menurut dia, tes tertulis ini akan menyeleksi orang-orang terbaik dalam hal pengawasan, baik untuk penyelenggaraan Pilkada tahun 2018 maupun pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019.


Arumahi juga mengatakan materi soal untuk peserta seleksi calon Panwaslu kabupaten dan kota itu, tidak dicetak di Makassar, melainkan dibawa langsung pihak Bawaslu RI.


“Semua peserta tes tidak diperbolehkan membawa ponsel atau catatan di saat berlangsung pelaksanaan tes yang akan dilaksanakan sehari pada hari Minggu, 16 Juli," ujarnya.


Menurut dia, jawaban tes dari peserta langsung diperiksa hari itu juga, kemudian hasilnya akan diumumkan pada esok harinya.


“Jadi tidak ada jeda yang diberikan dan ini dilakukan untuk menghindari adanya kecurangan. Bila ditemukan ada kecurangan saat tes berlangsung maka didiskualifikasi," ujarnya.


Arumahi tidak merinci seluruh peserta tes seleksi calon anggota panwaslu kabupaten/kota itu, namun mengatakan ada sebagian yang mengikuti proses seleksi itu dari anggota `inchumbent`.


Perekrutan anggota Panwaslu tersebut sesuai amanat Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilihan umum dan Peraturan Badan Pengawas Pemilu nomor 10 tahun 2012 sebagaimana diubah Peraturan Bawaslu RI nomor 1 tahun 2016 tentang pembentukan, pemberhentian, dan pergantian antarwaktu Bawaslu provinsi dan kabupaten kota.



(Rls/Firman)

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar