News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lembaga Adat Tolaki Diharapkan Dapat Melestarikan Adat dan Budaya Tolaki

Lembaga Adat Tolaki Diharapkan Dapat Melestarikan Adat dan Budaya Tolaki

[caption id="attachment_3838" align="aligncenter" width="1032"] Pengurus Banderano Tolaki bersama Bupati Konawe Utara selaku ketua LAT Konawe Utara[/caption]

INILAHCELEBES.ID, KONAWE UTARA - Festival Konasara yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe Utara Propinsi Sulawesi Tenggara dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun Konawe Utara ke-11 memiliki warna tersendiri dalam pelaksanaanya.

Pasalnya, dalam acara tersebut dirangkaikan mengukuhkan pengurus Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kabupaten Konawe Utara, Rabu (3/1/18).

Acara yang dipusatkan di wisata pantai Taipa, Lasolo mengundang para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut untuk menikmati rekreasi libur tahun baru 2018.

Bawaa Pobende Sarano (Banderano Tolaki) yang ikut terlibat dalam Pengukuhan Lembaga Adat Tolaki Konawe Utara melalui Ketua Dewan Pembinanya, Hedianto Ismail menjelaskan, proses pengukuhannya mulai dari penjemputan Bupati Konawe Utara yang juga sekaligus ketua LAT Konawe Utara oleh Tamalaki dari Banderano Tolaki hingga dengan acara pengukuhan dan pemberian SK Dewan Pengurus LAT Konawe Utara yang dipimpin oleh ketua DPP LAT Provinsi.

"Setelah itu diteruskan acara Mosehe Wonua. Tadi dihadiri oleh ketua DPP LAT, Wakil Bupati Bombana, dan Ketua DPRD Konawe Kepulauan serta Dandim 1417 Haluoleo, serta sejumlah pejabat lainnya," kata Hedi kepada Inilahcelebes.id.

Hedi juga mengatakan, tujuan dari pengukuhan Lembaga Adat Tolaki ini adalah untuk merevitalisasi adat istiadat suku Tolaki di kabupaten Konawe Utara.

Bawaa Pobende Sarano Tolaki (Laskar Pelindung Adat Tolaki) berharap dengan adanya LAT di Kabupaten Konawe Utara dapat mengembangakan serta melestarikan adat istiadat, dan budaya suku Tolaki.

"Dengan dilantiknya Dr. Ir. Ruksamin sebagai ketua LAT Kabupaten Konawe Utara diharapkan bisa mengembangkan serta melestarikan adat istiadat budaya suku Tolaki khususnya diwilayah Konawe Utara," tutup Hedi.

Laporan: Arman Tosepu
Editor: Firman

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar