Tangkal Peredaran Hoax di Medsos, Humas Polda Sulsel Berbagi Tips



INILAHCELEBES.ID, Makassar – Menyikapi peredaran hoax di media sosial yang kian marak, Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulsel menggelar Sosialisasi Media Sosial yang bertemakan “Peranan Mahasiswa Dalam Menangkal Peredaran Berita Hoax”, bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Samata Kabupaten Gowa.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan mahasiswa/mahasiswi UIN Alauddin Samata.

Hadir selaku pemateri, Dosen dan Staf Ahli Kapolda Sulsel Bidang Agama Dr. H. Abdul Wahid dan Kassubbid Penmas Bid Humas Polda Sulsel, Kompol Muhammad Arsyad.



Saat menjadi pemateri, Dr Wahid menuturkan, “Seorang mahasiswa Muslim harus menyadari bahwa dalam pandangan Islam, menyebarkan berita hoax adalah dosa besar, sebab ini masuk kategori fitnah. Sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an QS. Al-Baqarah: 219, “Sesungguhnya fitnah itu lebih fatal dari pembunuhan,” ungkapnya.

Sementara, Kompol Arsyad memberikan tips sederhana melawan Hoax, di antaranya yang pertama jangan langsung membagi atau menshare berita yang beredar di media sosial. Kedua, cermati situs pembuatan berita. Ketiga, Cek keberadaan berita yang bombastis tersebut di beberapa media arus utama, dan yang terakhir Baca dengan hati-hati dan berpikir kritis. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال