Semarak Hari Amal Bakti Kemenag Sulsel, Puluhan Ribu Peserta Padati Kota Makassar


INILAHCELEBES.ID, Makassar - Puluhan ribu Aparatur Kementerian Agama se-Sulsel menyerbu Lapangan Karebosi yang merupakan lapangan terbesar dan terluas di Kota Makassar, Minggu (6/1/2019). Diperkirakan sekitar 40ribuan peserta hadir untuk mengikuti acara Gerak Jalan Kerukunan (GJK) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-73 Kementerian Agama yang dikenal dengan Hari Amal Bakti (HAB).


“Hal ini melebihi ekpektasi yang telah direncanakan sebelumnya. Saya haturkan terima kasih atas atensi dan kehadiran ta semua. Ini  membuktikan bahwa warga Kemenag di Sulsel solid dan bersatu. Olehnya itu, mari jaga kebersamaan ini seterusnya,” tutur Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Anwar Abubakar.


Sementara itu, Ketua DPRD Sulsel H. M. Roem sebelum melepas peserta GJK Kemenag Sulsel menyampaikan kekagumannya kepada Kementerian Agama. Menurutnya, Kemenag yang berusia 73 tahun ini sudah memperlihatkan pengabdian dan kerja kerasnya dalam membantu perjalanan bangsa ini, khususnya dalam pembangunan di bidang keagamaan


“Khusus di Sulsel, kita semua merasakan hasilnya. Semoga Kemenag khususnya di Sulsel bisa lebih baik lagi ke depan. Hari ini kita apresiasikan kegembiraan kita atas ulang tahun Kemenag,” ucapnya.


GJK ini mengundang seluruh aparatur Kemenag se-Sulsel, para wali Agama se-Sulsel, Ormas lintas agama, dan seluruh mitra kerja dan kolega Kementerian Agama. Hal ini untuk menegaskan bahwa kerukunan antar umat beragama di Sulsel terjalin sangat baik sebagaimana tema besar yang diusung pada HAB ke-73 tahun ini, yaitu Jaga Kebersamaan Umat.



Peserta GJK ini menempuh rute Lapangan Karebosi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Karunrung, Jalan Ahmad Yani memutar sampai Lapangan Karebosi kembali. Panitia juga menyiapkan sejumlah Doorprize, seperti 2 paket Umrah, kendaraan bermotor, sepeda, barang elektronik, dan sejumlah hadiah lainnya termasuk uang tunai.


Yang unik dari GJK tahun ini adalah seluruh peserta disuguhi sejumlah atraksi, di antaranya Senam satu Dunia satu Keluarga, Persembahan Tari Barongsai dari Matakin (Khonghuchu) dan Klenteng Xian Ma, Musik Patrol dari Santri Ponpes Assalman Allekkuang Sidrap serta Orkes Gambus Shautul Islam.


Sejumlah petinggi dan pejabat tampak hadir di podium utama dan ikut GJK bersama peserta yang sudah menyemut sejak pagi, di antaranya Ketua DPRD Sulsel H. M. Roem, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel H. Anwar Abubakar, Kapolda  Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Ketua PKK Provinsi Sulsel, Karo Kesra Pemprov Sulsel, para Kakankemenag Kab/Kota se-Sulsel, perwakilan dari Wali Agama dan Ormas Keagamaan, dan Pengurus DWP Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel.


GJK ini merupakan salah satu di antara sejumlah rangkaian kegiatan HAB ke-73 di Sulsel. Sebelumnya, telah dilaksanakan Ziaran Ke Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar, Rabu (2/1/2019), dilanjutkan dengan Anjangsana ke sejumlah Panti Asuhan. Lalu  pelaksanaan Upacara Peringatan di Kantor Gubernur, Jumat (3/1/2018), dan akan ditutup nantinya dengan ramah tamah di Asrama Haji Sudiang Makassar pada Senin (7/1/2019) besok.



Laporan: Wardhy


Editor: Fhyr

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال