Sempat Tertunda, MTQ Tingkat Provinsi Sulsel Bakal Dilaksanakan Secara Virtual


INILAHCELEBES.COM, Pangkep - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangkep, Selasa (07/07/2020).

Dalam rakor tersebut membahas secara khusus penjadwalan ulang atau reschedule pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-31 Tingkat Provinsi dan teknis pelaksanaannya, yang sempat tertunda akibat adanya Covid-19.

Rakor tersebut turut dihadiri Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Sulsel H Suherman, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Sulsel H. Rappe, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pangkep H. Jamaruddin.

Dari Rakor ini disepakati bahwa pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tetap dilaksanakan, namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun ini kemungkinan besar akan dilaksanakan secara virtual.

“Berdasarkan hasil rapat dan dengan mempertimbangkan masih tingginya penyebaran covid-19, maka kita akan laporkan kepada Gubernur bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan akan dilaksanakan secara virtual, namun secara tehnis pelaksanaannya akan dibahas lebih lanjut bersama LPTQ Provinsi Sulawesi Selatan," jelas Kakanwil.

"Ada yang menginginkan kombinasi antara virtual dengan konvensional dimana cabang lomba tertentu tetap digelar dengan menghadirkan peserta dan dewan juri dalam 1 panggung. Namun akhirnya disepakati bahwa secara keseluruhan dilaksanakan secar virtual saja. Tinggal teknis penjuriannya yang akan dibahas lebih lanjut," tambahnya.

Adapun pelaksanaan MTQ secara virtual ini rencananya akan digelar pada akhir bulan Agustus tahun 2020.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangkep, Jamaruddin mengatakan, pada dasarnya Pemda Pangkep tetap bersedia menjadi tuan rumah MTQ. Hanya saja tetap menunggu kebijakan Pemprov dan LPTQ Provinsi tentang tehnis pelaksanaannya, apakah secara virtual atau skema lain.

Diketahui, MTQ tingkat Provinsi ini digelar sebagai ajang rekrutmen untuk mempersiapkan peserta yang akan mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Padang Sumatera Barat akhir tahun ini,

Editor: Fhyr
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال