Kakanwil Kemenag Sulsel Sebut MTQ Tingkat Provinsi di Pangkep Bisa Jadi Rujukan MTQ Virtual

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar
INILAHCELEBES.COM, Pangkep - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-31 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan kini telah berlangsung di Kabupaten Pangkajenne Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

MTQ yang kedua kalinya digelar di Pangkep ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep, Jumat (28/8/2020) kemarin.

Pembukaan MTQ ini dihadiri secara terbatas oleh tamu undangan, namun diikuti dan disaksikan oleh masyarakat di 24 kabupaten/kota se-Sulsel bahkan di seluruh dunia melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Anwar Abubakar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan agar kita tetap menjalankan syiar Islam di Sulsel dan untuk memilih qori-qoriah serta mufassir-mufassirah yang akan mewakili Sulsel pada MTQ Nasional di Sumatera Barat akhir tahun ini.

"Banyak yang pesimis dengan keberanian Sulsel menggelar MTQ ini secara virtual, namun Sulsel akan menjadi rujukan bagi 18 provinsi lainnya di Indonesia yang belum melaksanakan MTQ jika kegiatan ini berhasil," ungkap Anwar Abubakar.

Gubernur Sulsel membuka acara dengan didampingi Kakanwil Kemenag Sulsel
Alqur'an adalah mujizad, kata Anwar Abubakar, sehingga menurutnya, berkah yang ada padanya akan membuat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 ini Insya Allah dapat segera berlalu.

Sementara, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, MTQ yang diikuti secara virtual oleh kafilah dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel ini merupakan momentum strategis dalam rangka meningkatkan kapabilitas umat Islam. Di samping juga sebagai ajang menampakkan prestasi maksimal dalam melantunkan ayat-ayat suci sekaligus membumikan Alquran.

"Harapan saya, MTQ yang dilaksanakan secara virtual akibat pandemi Covid-19 ini tidak mengurangi semangat para peserta, karena MTQ ini justru disaksikan oleh banyak orang dibanding MTQ sebelumnya. Bahkan dapat disaksikan di seluruh dunia secara live," ujar NA menambahkan.

Tampak hadir pada acara pembukaan ini, Bupati dan Wakil Bupati Pangkep, para pejabat Forkopimda Kabupaten Pangkep, Kabiro Kesra Setda Provinsi Sulsel, Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel, dan para Kepala OPD Setda Kabupaten Pangkep.

MTQ ke-31 kali ini mempertandingkan 8 cabang lomba yang terbagi dalam 22 golongan cabang lomba dan diikuti oleh 1035 peserta, yang akan dinilai oleh 30 anggota Dewan Hakim. (AB/wrd)

Editor: Fhyr

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال