Tangani Banjir dan Covid-19 Berbarengan, Bupati Wajo: Ini Tugas Berat

Bupati Wajo, Amran Mahmud meninjau vaksinasi di sela-sela kegiatannya saat meninjau banjir
INILAHCELEBES.com, BELAWA - Pemerintah Kabupaten Wajo kini fokus penanganan pasca banjir yang melanda wilayah ini sejak beberapa waktu lalu. Meski begitu, Pemkab tetap memasifkan upaya untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19..

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan ini tugas berat. Namun demikian, kata dia, penanganan banjir dan Covid-19 mesti berjalan beriringan. Sebab, dua-duanya menyangkut kemaslahatan masyarakat luas.

"Meskipun kita saat ini tengah mengupayakan penanganan banjir. Kita juga tetap aktif untuk memutus mata rantai Covid-19. Salah satunya dengan vaksinasi," ucap Amran usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kecamatan Belawa, Rabu (1/9/2021) lalu.

Pada kesempatan ini, Amran kembali menekankan bahwa vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap Covid-19. Dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk secepatnya melakukan vaksinasi.

"Saya mengimbau kepada masyarakat Wajo, bagi yang belum ikut vaksin agar segera menghubungi puskesmas terdekat," ucap Amran.

Sementara, lanjut Amran, bagi yang sudah ikut vaksin untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Karena tujuan vaksinasi hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, maka itu memperkecil kemungkinan kita untuk terkena virus ini. Apalagi virus ini belum ada tanda-tanda untuk hilang," tuturnya.

Amran juga meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan Wajo untuk terus aktif menyosialisasikan vaksinasi.

"Begitu juga kepada TNI dan Polri serta seluruh stakeholder yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19 Wajo untuk membantu menyosialisasikan agar capaian kita setidaknya bisa 60 persen dari jumlah sasaran," ucap Amran.

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Amran juga melihat kondisi terkini Kecamatan Belawa yang menjadi salah satu wilayah terdampak banjir. Seperti diketahui, selain merendam permukiman warga, banjir merusak infrastruktur hingga lahan pertanian.

Capaian Vaksinasi Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Wajo, Drg. dr. Armin, menyampaikan, pihaknya terus aktif melakukan sosialisasi dan vaksinasi.

"Apalagi kita punya inovasi Vaksinasi Massalipu (massal, keliling, dan terpadu). Data terakhir cakupan vaksinasi Kabupaten Wajo, untuk dosis pertama merek Sinovac sebanyak 69.873 dosis dan merek Moderna sebanyak 878 dosis atau total 23,52 persen serta dosis kedua sebanyak 36.459 dosis atau 12,12 persen dari jumlah sasaran 300.814 orang. Sementara untuk merek Moderna, dosis 3 tenaga kesehatan (booster) sebanyak 810 dosis atau 37,43 persen untuk sasaran nakes (tenaga kesehatan)," rinci Armin.

Armin menyampaikan, untuk saat ini, pihaknya juga sudah mencanangkan untuk vaksinasi bagi ibu hamil. Kategori itu selain sasaran tenaga kesehatan, pelayan publik, lanjut usia, kelompok rentan, masyarakat umum dan remaja

"Untuk ibu hamil, kita sudah canangkan untuk vaksinasinya. Vaksinasi insya Allah aman dan halal," katanya. (Fhyr)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال