Bupati Wajo Beri Motivasi Peserta Pelatihan Manajemen Kewirausahaan

Bupati Wajo, Amran Mahmud menghadiri pembukaan pelatihan manajemen kewirausahaan
INILAHCELEBES.com, WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud mengungkapkan, pada tahun tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo telah mengucurkan anggaran Rp500 juta untuk memberdayakan pelaku UMKM melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

"Beberapa bantuan juga sudah kita upayakan melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI. Tahun 2021 ini sekitar 16 ribu usaha mikro kecil dan menengah mendapatkan bantuan yang dikirim langsung ke rekening masing-masing," kata Amran.

Hal itu diutarakannya saat menghadiri pembukaan pelatihan manajemen kewirausahaan yang digelar Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Perindagkop UKM) Kabupaten Wajo di Hotel Sermani, Rabu (13/10/21).

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan fasilitasi usaha mikro menjadi usaha kecil dalam pengembangan produksi dan pengolahan pemasaran, sumber daya manusia (SDM), serta desain dan teknologi dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021.

"Tujuan dari pelatihan yang dilaksanakan hari ini adalah untuk membekali entrepreneur atau wirausahawan kita untuk bisa lebih berkembang dan bertambah wawasan dan pengalaman dalam berwirausaha," tuturnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dirinya meminta kepada para peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh agar harapan dan tujuan bisa tercapai secara maksimal.

"Kita berharap melalui pelatihan ini juga bisa menyamakan mindset serta membangkitkan semangat wirausaha agar memiliki kekuatan untuk tetap bangkit di masa pandemi ini," harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel diwakili Kepala Bidang UKM, Zainuddin menyampaikan, pandemi saat ini menyerang hampir semua sendi dan level kegiatan ekonomi. Olehnya, pemerintah terus berupaya untuk membantu mendukung pengembangan UMKM.

"Bentuk dukungan pemerintah itu, misalnya melalui fasilitasi pendidikan dan pelatihan seperti hari ini dan kemudahan perizinan. Selain itu, untuk fasilitasi pemasaran, kita juga sudah siapkan Gedung Galeri UMKM baik di Makassar maupun di Jakarta," ucapnya. (Red)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال