News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa HMJ Kimia Gelar Alkali Contest 2021

Mahasiswa HMJ Kimia Gelar Alkali Contest 2021

Technical Meeting Lomba Alkali Contest oleh HMJ Kimia
INILAHCELEBES.com, MAKASSAR - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mengadakan kegiatan Alkali Contest pada tanggal 16-30 September 2021.

Alkali Contest yang digelar setiap tahunnya oleh HMJ Kimia ini merupakan suatu ajang lomba Kreatifitas Ilmiah 2021 yang melibatkan siswa/siswi SMA/SMK/MA se-Sulselbar dan Mahasiswa tingkat Nasional. 

Kegiatan ini mengangkat tema "Optimalisasi Peran Generasi Z dalam Mengimplementasikan Ilmu Sains dan Teknologi pada Society Era 5.0".

Tema ini menyangkut peran Generasi Z yang lahir mulai tahun 1998-2010 yang memiliki ide dan kreatifitas serta memiliki sifat yang mudah bersosialisasi tinggi dan berani menyampaikan pendapatnya, baik di depan publik maupun melalui media sosial. 

Generasi ini lebih percaya User Generated Content (UGC) atau perkembangan teknologi ketimbang membaca secara konvensional, mengikuti perkembangan teknologi, cenderung tidak loyal tetapi bekerja secara efektif.

Sehingga memunculkan sebuah tantangan dalam menghadapi era baru di kehidupannya, yakni Society Era 5.0.

Society Era 5.0 termasuk komplemen Revolusi Industri 4.0 perlu diarahkan pada peran generasi Z untuk kemajuan bangsa di masa yang akan datang. 

Ketua HMJ Kimia, Taufiq Ibrahim menjelaskan bahwa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya, dan kali ini merupakan tahun ke-7 dalam kegiatan alkali contest.

“Event ini mengundang siswa-siswi terbaik se-Sulselbar dan mahasiswa-mahasiswi aktif (D3/S1) Perguruan Tinggi se-Indonesia.  Berhubung masih di masa pandemi, Alkali Contest tahun ini dilakukan secara online dan mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Taufiq Ibrahim menambahkan, kegiatan yang berlangsung selama 14 hari selanjutnya mengadakan enam cabang lomba yang akan diperlombakan, yang terlaksana pada 16-30 September 2021.

“Ada enam cabang yang telah dilombakan di kegiatan ini, yakni Infografis, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Cepat Tepat Kimia (LCTK), Mading Ilmiah, Chemical Experiment Challenge (CEC), dan Video Competition,” urainya. (Rls)

Editor: Hrd

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar