News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Bupati Wajo Tekankan Pentingnya Pemerintahan Berbasis Teknologi

Wakil Bupati Wajo Tekankan Pentingnya Pemerintahan Berbasis Teknologi

Wakil Bupati Wajo, Amran SE membuka sosialisasi Sistem Informasi Portal Desa. (Foto: safar/hms)
INILAHCELEBES.COM, SENGKANG - Wakil Bupati Wajo, Amran, SE membuka sosialisasi Sistem Informasi Portal Desa  (SIPOD) yang diselenggarakan oleh Sulapa 4 Studio di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (16/11/21).

Dalam kegiatan itu, Amran menekankan pentingnya penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik.

Menurutnya, penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik tidak saja diterapkan pada pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Akan tetapi telah bergerak ke arah pemerintah desa. 

"Kita semua saat ini dituntut untuk segera memahami dan mengantisipasi fenomena digitalisasi dalam setiap ruang gerak penyelenggaraan pemerintahan. Selain pada sisi percepatan penyelenggaraan pemerintahan digitalisasi juga diharapkan akan menggerakkan perekonomian dan pembangunan masyarakat desa," ucapnya. 

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan bagian dari desa digital yang dikembangkan oleh pemerintah daerah yang meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, dan sumber daya manusia. 

Olehnya itu, lanjut Amran, bermunculanlah berbagai aplikasi sistem informasi desa yang dikembangkan baik oleh pemerintah daerah maupun perorangan atau badan yang berkecimpung dengan aplikasi, dengan beragam model.

"Berbagai macam aplikasi tersebut adalah alat untuk memangkas proses kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara manual. Diharapkan dengan adanya aplikasi yang berbasis sistem informasi dan teknologi maka pekerjaan akan menjadi lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, secara cepat, mudah, dan murah," harapnya.

Meski demikian, kata Amran, sebagus apapun aplikasi jika yang mengoperasikan tidak punya kompetensi memadai, maka tidak akan maksimal. Karena itu dituntut, pentingnya meningkatkan kompetensi. 

Amran juga meminta kepada camat dan kepala desa agar memenuhi jika ada undangan yang diberikan. Setidaknya diwakili oleh urusan atau bidang yang sesuai.

"Selamat mengikuti pelatihan ini. Mari kita jadikan momentum yang berharga ini sebagai ajang untuk memperoleh informasi, sebagai wahana menambah wawasan ilmu pengetahuan terkait desa digital," tutupnya.

Hadir pada kegiatan ini, CEO Sulapa4 Studio, Kasmiah Ali, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Wajo, Dwi Apriyanto, para camat, dan kepala desa. (Rls)

Editor: Yd

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar