News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Nataru, Bupati Wajo Ingatkan Ancaman Covid-19 dan Radikalisme

Jelang Nataru, Bupati Wajo Ingatkan Ancaman Covid-19 dan Radikalisme

Bupati Wajo membacakan amanat Kapolri pada apel gelar pasukan Operasi Lilin 2021
INILAHCELEBES.COM, WAJO - Polres Wajo menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin 2021 di halaman Mapolres Wajo, Kamis (23/12/21).

Apel ini digelar dalam rangka pengerahan pengamanan memasuki momen Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Bupati Wajo, Amran Mahmud yang membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan bahwa Operasi Lilin 2021 dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polri.

Perayaan Natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

"Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19," ujar Amran.

Oleh karena itu, kata dia, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan aman dan nyaman.

Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat.

"Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," ucapnya.

Bupati Wajo menyematkan pita tanda Operasi Lilin 2021
Kapolri dalam amanatnya, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi.

"Yakni ancaman terorisme dan radikalisme, sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, dan aksi perusakan fasilitas umum," kata Amran yang membacakan amanat Kapolri.

Selain itu, aksi kriminalitas, seperti curat, curas, curanmor, tawuran antarkelompok pemuda atau antarkampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Sementara itu, Kapolres Wajo, AKBP Muhammad Islam A mengungkapkan, Operasi Lilin tahun 2021 ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

“Kita tingkatkan sinergitas dan pelayanan prima pada masyarakat di masa Pandemi Covid-19," tegas Islam.

Pada Ops Lilin tahun ini, Polres Wajo melibatkan sebanyak 60 personel yang ditempatkan di Pos Pelayanan dalam Kota Sengkang, Pos Pengamanan Tarumpakkae, dan Pos Pengamanan Siwa. (Red)

Editor: Hrd

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar