News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gelar Haul ke-16 Puang Ramma di Maros, Hadir Sejumlah Tokoh NU

Gelar Haul ke-16 Puang Ramma di Maros, Hadir Sejumlah Tokoh NU


INILAHCELEBES.COM, Maros - Haul KHS Jamaludin Assegaf Puang Ramma berlangsung di kompleks makam Auliya Tanring Mata, Desa Marannu Kecamatan Bontoa Maros, Sabtu (19/03/22).

Kegiatan dimulai sejak Jumat kemarin hingga Minggu (20/3/22) besok.

Dalam laporan, Ketua Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makazzariy Anwar Abubakar mengatakan, Haul ini, merupakan peringatan yang ke-16 wafatnya KHS Jamaludin Assegaf Puang Ramma yang wafat pada Jumat 15 Sya’ban dan juga dirangkaikan dengan haul istri beliau yang ke-32.

“Kami informasikan rangkaian berziarah sampai besok malam. Terbuka bagi siapa saja. Tiap hari dari beberapa daerah juga hadir, seperti Kalimantan, Jakarta, dan Manado. Alhamdulillah mereka bisa datang," ujarnya.

Sementara, Ketua Wilayah NU Sulsel, Hamzah Harun Al-Rasyid menyampaikan, kegiatan ini memiliki dasar kuat dalam khasanah umat Islam, bahwa Rasulullah senantiasa mengunjungi makam di Uhud, setiap tahunnya.


Lebih lanjut, dia menyampaikan beberapa hal penting haul. Pertama, sebuah bukti mahabbah kepada Puang Ramma yang atas jasanya. Kata dia, ini kewajiban kita sebagai generasi pelanjut.

“Kedua, mengenang Napak tilas perjuangan beliau. Sejarah telah mencatat Syekh Jamaludin Puang Ramma tidak bisa dilepaskan dari gemilangnya perjuangan dakwah keislaman, bagaimana Panji NU juga berkibar di Sulsel. Momen ini kita berusaha mengambil secuil dari kebesaran jasa-jasa beliau," tuturnya.

“Selanjutnya, seorang Waliullah tidak takut yang dihadapi dan juga tidak cemas atas apa yang ditinggalkan. Semoga haul setiap tahun tidak pernah kita lupakan. Tugas kita melanjutkan perjuangan beliau," pesannya.

Selanjutnya para jamaah melakukan zikir dan doa yang dipimpin Syekh Sayyid Abdul Rahim Assegaf Puang Makka. (Ulya)

Editor: Hrd

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar