News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jadi Kado Jelang HJW-623, Pertumbuhan Ekonomi Wajo Tertinggi Ketiga di Sulsel

Jadi Kado Jelang HJW-623, Pertumbuhan Ekonomi Wajo Tertinggi Ketiga di Sulsel

Bupati Wajo, Amran Mahmud saat berada di salah satu kegiatannya. (dok. Hms)
INILAHCELEBES.COM, WAJO - Di tengah pandemi COVID-19 yang menghantam berbagai sektor selama dua tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi di kabupaten yang dipimpin Amran Mahmud ini mulai menunjukkan progres yang baik.

Hal ini menjadi kabar gembira jelang Hari Jadi yang ke-623 Kabupaten Wajo.

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Wajo untuk tahun 2021 berada di posisi tiga besar, yakni menembus 6.77 persen. Angka ini berada di bawah Kabupaten Bantaeng 8.86 persen, dan Gowa 7.26 persen.

Angka pertumbuhan ekonomi ini sangat sejalan dengan upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo untuk menjaga dan menyelamatkan perekonomian agar tidak terlalu terpuruk akibat Pandemi COVID-19.

Selama dua tahun terakhir, melalui sentuhan tangan Amran Mahmud, berbagai kebijakan ditempuh. Mulai membantu para pelaku usaha, memperbanyak kerjasama, hingga mendorong lahirnya wirausahawan baru di setiap desa/kelurahan.

Selain itu, roda perekonomian di Wajo juga seiring dengan data realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Desember 2021 yang mencapai Rp1.08 triliun. Angka ini menempatkan Wajo di urutan ketiga tertinggi di Sulsel setelah Kota Makassar dan Bone.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, menuturkan jika pihaknya bersama berbagai elemen, berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga perekonomian di Wajo.

“Kita harus akui, selama Pandemi COVID-19, banyak sektor yang terdampak. Tapi kami selalu berusaha semaksimal mungkin, bagaimana membangkitkan roda perekonomian dengan berbagai kebijakan dan program yang kami jalankan,” tutur Amran Mahmud, Rabu (09/03/22).

Pihaknya mengaku bersyukur dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, capaian ini tak lepas dari sinergitas dan dukungan berbagai pihak.

"Kami sangat bersyukur atas peningkatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Wajo yang pada tahun 2021 ini luar biasa lonjakannya. Tentu ini semua berkat sinergitas dari semua pihak, terutama masyarakat Wajo sendiri yang tidak menyerah meski di tengah pandemi covid-19," lanjutnya.

Amran secara khusus menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi melalui bantuan-bantuan yang diberikan dalam rangka pemulihan ekonomi, baik yang sudah disalurkan pada tahun 2020 dan 2021, maupun yang akan diserahkan tahun ini.

"Tentu, kita semua tidak boleh puas dengan capaian ini. Kita harus terus berupaya agar ekonomi kita semakin bertumbuh dan semakin pulih ke depannya. Saya harap sinergitas dan kolaborasi semua pihak agar terus ditingkatkan," pungkasnya. (Adv)

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar