Komitmen Cegah Perkawinan Anak, Menteri PPPA Kunker ke Wajo

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Bintang Prayoga) kunker ke Kabupaten Wajo
Wajo - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Bintang Prayoga) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Senin (25/7/22).

"Kunjungan Ibu Menteri ke Wajo dalam rangka menindaklanjuti hasil forum group discussion (FGD) terkait komitmen pencegahan perkawinan anak," kata Bupati Wajo, Amran Mahmud di Sektretariat Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Wajo, sesaat sebelum Bintang Puspayoga tiba di lokasi.

Amran menjelaskan, agenda kunjungan Menteri PPPA ada empat titik di Bumi Lamaddukelleng. "Titik pertama di Sekretariat Puspaga Kabupaten Wajo. Setelah itu akan menuju ke Taman Baca La Tiringeng To Taba di belakang tribun Lapangan Merdeka," tuturnya.

Di Taman Baca nanti, Menteri PPPA akan diminta untuk meninjau gerobak kuliner binaan organisasi perempuan. Setelah itu, santap siang sambil menyaksikan pertunjukan simfoni kecapi Bugis.

"Titik ketiga yang menjadi inti dari kunjungan ini adalah puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Wajo tahun 2022 digelar di Ruang Pola Kantor Bupati," ucapnya.

Pada puncak peringatan HAN, Menteri PPPA direncanakan akan berdialog tentang 4 Aktor Kunci Pencegahan Perkawinan Anak (Kepala Desa Perempuan yang berhasil menurunkan Perkawinan Anak, Tokoh Adat yang berpengaruh, Tokoh Ulama yang berpengaruh, dan Imam Desa).

Kemudian dilanjutkan penandatanganan komitmen dalam pencegahan perkawinan anak dengan 4 aktor tersebut, juga dengan para pemangku kebijakan pencegahan perkawinan anak, yakni Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wajo.

"Sebelum meninggalkan Wajo, Ibu Menteri kita ajak untuk meninjau pengembangan persuteraan melalui pemberdayaan perempuan di Desa Pakkanna, Kecamatan Tanasitolo," beber Ketua PMI Wajo ini.

Pemkab Wajo berharap kunjungan Menteri PPPA ini akan membawa kesan yang baik sepeninggalnya dari Wajo. 

"Saya harap kerja keras dan sinergitas dari seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan ini," ujarnya. (Adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال