Tak Lagi Dibatasi, Kini Warga Wajo Membludak Saksikan Upacara Proklamasi

Paskibraka Wajo bersiap-siap mengibarkan bendera merah putih. Nampak kerumunan warga antusias menyaksikan. (Sfr/IC)

Wajo - Masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan kini patut berbangga dan bersyukur. Pasalnya, peringatan HUT Proklamasi ke-77 Republik Indonesia telah digelar tanpa pembatasan yang ketat, setelah 2 tahun sebelumnya dilaksanakan terbatas akibat Pandemi Covid-19.

Antusias masyarakat Kabupaten Wajo tak terbendung lagi. Serangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan Dirgahayu ke-77 RI, baik di tingkat kecamatan maupun tingkat Kabupaten Wajo dipadati warga.

Bahkan sampai acara puncak saat upacara peringatan Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka, Sengkang, Rabu (17/8/22). Masyarakat tampak memadati area sisi lapangan Merdeka guna menyaksikan upacara kemerdekaan ini secara langsung.

Bupati Wajo, Amran Mahmud bertindak sebagai inspektur upacara (irup). Turut hadir Wakil Bupati Wajo, Amran SE, Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna bersama unsur pimpinan dan anggota, jajaran Forkopimda, serta Sekda Wajo, Armayani bersama jajaran perangkat daerah lingkup Pemkab Wajo.

Bupati Wajo, Amran Mahmud menyerahkan bendera merah putih kepada pembawa baki bendera merah putih. (Sfr/IC)

Hadir pula, sekretaris dinas, pimpinan instansi vertikal dan lembaga, pimpinan BUMN/BUMD/perusahaan, perbankan, pimpinan perguruan tinggi, jajaran TP PKK Wajo, organisasi wanita, legiun veteran, purnawirawan dan purnabakti, pimpinan organisasi masyarakat, organisasi pers, organisasi kepemudaan, serta undangan lainnya.

Ketua DPRD Wajo membacakan teks Proklamasi dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Wajo. Sementara, peserta upacara dari unsur TNI, Polri, Satpol PP Damkar, Dinas Perhubungan, BPBD, ASN, Senkom Polri, purna Paskibraka, mahasiswa, dan Pramuka.

Amran Mahmud menyampaikan selamat memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Wajo.

"Saya atas nama Pemkab Wajo mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia. Kita bersyukur karena Covid-19 bisa terkendali sehingga kita bisa melaksanakan berbagai kegiatan. Termasuk peringatan detik-detik proklamasi tadi dan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakkan kemerdekaan. Tetap patuhi petunjuk dari pemerintah. Semoga kita bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," tuturnya.

Setelah pelaksanaan upacara, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Empagae, TMP Nasional Lamaddukelleng, dan upacara pemberian remisi di Rumah Tahanan Sengkang. (Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال