PKM Uniprima Paparkan Peluang Ternak Maggot, Warga Soppeng Sambut Antusias


Soppeng - Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Puangrimaggalatung terus menggencarkan kegiatan di masyarakat, bahkan sampai menyasar warga di tingkat desa di sejumlah daerah.

Baru-baru ini, Tim PKM Universitas Puangrimaggalatung yang diketuai Yetti Anita, S.Pd., M.Pd menggelar kegiatan di Desa Tetewatu, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Kamis (29/9/22).

Pada kesempatan tersebut, Dekan FIP Uniprima, Drs Panessai Sir JC, M.Si hadir secara langsung untuk membuka acara.

Turut hadir, Kepala Desa Tetewatu Eka Wijaya, S.Kom, Babinsa Tetewatu, Kepala Gapoktan, Peternak, dan sejumlah warga setempat.

Selaku pembicara, Sema S.Pt., M.Si memaparkan seputar maggot. Sema menuturkan bahwa harga maggot kering atau dalam bentuk tepung berkisar 70ribu-100ribu.

"Tetapi peternak dapat juga menjual dalam bentuk masih basah atau yang berusia 2 hari," ujarnya.

Di hadapan warga, Sema mengaku Tim PKM Uniprima siap membantu memasarkan maggot, dengan hitungan 2 kilogram maggot basah menjadi ½ maggot kering.

Warga yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Beragam pertanyaan dilontarkan kepada pemateri, mulai dari cara mendapatkan bibit untuk memulai beternak sampai kepada peluang keberhasilan dan gagalnya usaha ini.


Sementara, Ketua Tim PKM Uniprima, Yetti Anita, S.Pd., M.Pd, mewakili seluruh tim PKM yang terlibat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Tetewatu yang telah berkenan mewadahi kegiatan ini, termasuk dalam menyiapkan peserta dan sarana yang diperlukan.

Kepala Desa Tetewatu, Eka Wijaya, S.Kom mengaku sangat mengapresiasi PKM Uniprima ini.

"Kami membuka peluang kepada semua pihak yang ingin memperkenalkan sesuatu yang baru kepada masyarakat Desa Tetewatu," tuturnya.
 
Dikuti dari laman web Gramedia, Maggot merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens dalam bahasa Latin. Seperti yang sudah disebutkan bahwa maggot merupakan larva dari jenis lalat yang awalnya berasal dari telur dan bermetamorfosis menjadi lalat dewasa.

Tubuh maggot berwarna hitam dan sekilas mirip dengan tawon. Siapa sangka dibalik itu semua, maggot memiliki potensi untuk dibudidayakan. Bagi beberapa orang, budidaya maggot merupakan potensi yang menggiurkan untuk dikembangkan. (Red)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال