Wakil Bupati Wajo Jadikan Pammana Leader Bagi Kecamatan Lain

Wakil Bupati Wajo, Amran SE membuka kegiatan Sekolah Teknik Desa Kecamatan Pammana. (Sfr/IC)

Wajo - Wakil Bupati Wajo, Amran SE membuka kegiatan Sekolah Teknik Desa Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo di Hotel Sermani Sengkang, Selasa (11/10/22).

Pada kesempatan itu, Amran menyebut desa sebagai ujung tombak lokasi pembangunan hendaknya kini mulai diberdayakan secara optimal, melalui pengembangan kompetensi masyarakat desa untuk menyusun rencana dan melaksanakannya sendiri.

Sekaligus mengurangi ketergantungan pada pihak lain untuk melaksanakan programnya, khususnya dalam membuat RAB dan membuat rancangan gambar infrastruktur.

Amran  mengapreasiasi langkah strategis yang diambil oleh Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Pammana bersama Camat Pammana dan Kepala Dinas PMD sebagai wujud tata kelola pemerintahan yang amanah, dengan melaksanakan sekolah teknik desa.

"Tentu saja, inisiasi kegiatan ini setelah membaca situasi bahwa, perencanaan pembangunan desa salah satunya, terkendala karena kekurangmampuan desa dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan membuat gambar rencana," ucap Amran.

Apalagi tambah dia, perlu dipahami, bahwa pengadaan barang dan jasa di desa telah menjadi perhatian oleh pemerintah, apalagi dengan dikeluarkannya Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa.


"Ini menuntut kemampuan yang handal dari para pihak yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa tersebut," ujarnya. 

"Olehnya itu, saya menjadikan Kecamatan Pammana sebagai leader di Kabupaten Wajo, agar dapat menjadi contoh bagi kecamatan lainnya untuk menerapkan kegiatan serupa di wilayahnya masing-masing," tambahnya.

Sementara itu Camat Pammana, Junisatri Rasyid menyebut, Sekolah Teknik Desa ini adalah yang pertama dilaksanakan di Kabupaten Wajo.

"Ini kita cetus karena masih minimnya kemampuan kader teknik di desa dalam membaca bahkan membuat RAB perencanaan infrastruktur yang akan dilaksanakan oleh desa itu sendiri," ungkapnya. 

Lanjut Junisatri, kegiatan yang berlangsung selama dua bulan ini bekerjasama dengan Universitas Lamappapoleonro Soppeng dengan menggunakan anggaran Dana Desa dari 14 desa se-Kecamatan Pammana.

"Kami ucapkan terima kasih kepasa Wakil Bupati atas kesediaannya menghadiri sekaligus membuka kegiatan ini," pungkasnya. (Adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال