Tingkatkan Pengetahuan, Anggota DPRD Wajo Ikuti Bimtek di Bali


Denpasar - Untuk menguatkan peran dan meningkatkan profesionalisme kerja sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Wajo bersama Sekretaris DPRD dan Staf Sekretariat DPRD Wajo mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di Kota Denpasar, Bali.

Bimtek yang digelar oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat yang bekerjasama dengan Universitas Dwijendra ini, dilaksanakan sejak tanggal tanggal 12-15 Oktober 2022.

Ketua DPRD Wajo, H Andi Alauddin Palaguna mengatakan, Bimtek kali ini mengusung tema "Optimalisasi tugas dan fungsi dan kewenangan DPRD dalam mendukung pemulihan ekonomi masyarakat pada perspektif penyelenggaraan pembangunan daerah".

Adapun tujuan Bimtek, menurut politisi PAN ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan para anggota DPRD Wajo dalam rangka pelaksanaan tugas anggota dewan sehari-hari.

"Kita tentu berharap, materi yang didapat dari pelaksanaan kegiatan ini, mampu meningkatkan langkah profesionalisme para anggota DPRD Wajo dalam menentukan arah kebijakan perencanaan, dan anggaran berdasarkan peraturan Mendagri terkait pedoman penyusunan APBD tahun 2023," ujarnya.

Termasuk kata Andi Alauddin, bagaimana mengimplementasikan peraturan pemerintah Nomor 77 tahun 2022 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

"Begitu juga dengan pengimplementasian UU No 1 tahun 2022 tentang hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terhadap simplikasi perda pajak dan retribusi daerah. Karena semua materi tersebut kita dapatkan di sini,," terangnya.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Ketua LPPMK dan Rektor Universitas Dwijendra. Adapun narasumber dan pemateri tim ahli Kemendagri.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال