5 Rumah Hangus Terbakar, Camat Takkalalla Berharap Ada Unit Damkar di Daerahnya

5 rumah warga di Tosewo, Desa Botto, Kecamatan Takkalalla, Kabupaten Wajo hangus terbakar. (foto: tangkapan layar video amatir)

InilahCelebes.com, Takkalalla - Peristiwa kebakaran terjadi di Kecamatan Takkalalla, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 07.00 WITA, Selasa (30/05/23).

Kebakaran yang terjadi di Tosewo, Desa Botto ini menghanguskan 5 unit rumah panggung milik warga.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Camat Takkalalla, Sandi Borahim menyebutkan, peristiwa ini diduga karena adanya hubungan arus pendek listrik.

Sandi menuturkan, berdasarkan info dari beberapa warga sekitar TKP menyebut, api bermula dari atas rumah I Mega/Indo Tang.

Saat kejadian, pemilik rumah sedang mandi. Tiba-tiba terdengar suara ledakan yang berasal dari atas rumah bagian belakang. Seketika itu juga terlihat api yang sudah membesar dan langsung membakar seisi rumah korban.

Api terus membesar dan dengan cepat menjalar ke empat rumah warga lainnya yang saling berdekatan.

Warga yang panik berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya agar tidak makin meluas.

Beberapa saat kemudian, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Wajo tiba di lokasi kejadian dengan menerjunkan 1 armada Damkar Unit Kecamatan Bola dan 3 armada Damkar dari posko induk.

Petugas Damkar Wajo berupaya memadamkan kobaran api agar tidak mkain meluas ke rumah warga lainnya.

Atas kejadian ini, Camat Takkalalla menuturkan, idealnya tiap kecamatan memiliki unit Damkar masing-masing, terutama bagi kecamatan yang jauh dari ibukota Kabupaten.

"Perjalanan dari Sengkang (posko induk Damkar) sekitar 1 jam 15 menit. Olehnya itu, kami sangat berharap kepada Pemkab Wajo bisa menyediakan unit damkar di Kecamatan Takkalalla," harap Sandi.

Sandi mengimbau agar masyarakat lebih waspada lagi terhadap hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran di daerahnya, terutama pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai regulasi ataupun usia instalasi yang sudah lama yang mayoritas menjadi penyebab kebakaran di Kecamatan Takkalalla.

Dia juga berharap tahun ini ada pengaspalan jalan pada poros Aluppang-Cellue yang diharapkan bisa menunjang kelancaran akses transportasi di daerahnya.

Adapun nama korban, yakni I Mega/Indo Tang (35), Agu (35), Sukarno (35), Kateru (42), Kahar (40).

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Selain korban materil 5 unit rumah panggung, ikut terbakar 2 unit sepeda motor. (Fhyr)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال