Alhamdulillah Berjalan Sukses, Ini Hasil Daurah Tafsir Angkatan XVII Mahasantri Ma'had Aly As'adiyah Sengkang


InilahCelebes.com, Wajo - Daurah Tafsir yang merupakan kegiatan mahasantri Ma'had Aly As'adiyah Sengkang pada 20 Juli sampai 18 Agustus 2023 berjalan dengan sukses.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Daurah Tafsir angkatan XVII, Andi Muh Awaluddin Syam, Senin (21/08/23).

Dikatakannya, kegiatan kali ini yang dipusatkan di Jakarta selama kurang lebih satu bulan itu bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan wawasan keilmuan Mahasantri Ma'had Aly As'adiyah Sengkang.

Diketahui Ma'had Aly As'adiyah Sengkang merupakan Perguruan Tinggi Kader Ulama yang bertakhassus Tafsir Wa Ulumu Tafsir.

"Kami menuntut ilmu di Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta, binaan Prof. Quraish Shihab selama 10 hari. Kami dibina oleh Prof Quraish Shihab dan pakar-pakar tafsir terkemuka yang telah melahirkan berbagai karya tafsir," ujar Andi Awal.


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa kampus ternama, seperti Universitas Indonesia, Universitas PTIQ Jakarta, Universitas Islam Internasional Indonesia, Pendidikan Kader Ulama Istiqlal Jakarta, dan Darul Qur'an Mulia Banten.

Selain kunjungan ke kampus-kampus, peserta juga bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Qur'an dan Sains (PPQS) Nurani di bawah binaan KH. Ilyas Marwal, lalu kunjungan ke Kantor DPR RI yang disambut langsung oleh Anggota DPR RI F-PPP, DR. H. Muh. Aras.

Selain untuk meningkatkan pengalaman dan wawasan keilmuan Mahasantri Ma'had Aly As'adiyah, lanjut Andi Awal, kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan Ma'had Aly As'adiyah Sengkang itu sendiri.

"Ini sungguh luar biasa. Betul-betul nama As'adiyah tercium ke segala arah karena sebagian besar di lokasi kunjungan kami ternyata sudah kenal dan tak asing lagi dengan nama As'adiyah," tuturnya.


Tak hanya itu, Mahasantri Ma'had Aly As'adiyah Sengkang juga menjadi salah satu inisiator pelaksanaan Seminar Nasional di Aula Al Fatah Masjid Istiqlal Jakarta yang menghadirkan narasumber para tokoh nasional dan internasional.

Di antaranya, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta sekaligus Ketua Umum PP As'adiyah, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Prof. Dr. Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Kader Ulama Istiqlal Prof. Ahmad Thib Raya, Marsekal TNI (Purn) Basri Sidehabi, dan berbagai tokoh nasional lainnya.

Pada kegiatan itu, peserta Daurah Tafsir juga melahirkan 2 karya tulis ilmiah, yakni dengan menerbitkan 2 buku tafsir, Tafsir surah Al-Ankabut dan Tafsir Surah Al-Mudatsir yang saat ini dalam proses editing.

"Direncanakan bulan depan (September) sudah bisa dinikmati oleh para pembaca dan penggemar Tafsir," pungkas Andi Awal. (Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال