News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Banderano Tolaki, Sebuah Lembaga Advokasi Budaya Suku Tolaki

Banderano Tolaki, Sebuah Lembaga Advokasi Budaya Suku Tolaki

[caption id="attachment_3672" align="aligncenter" width="714"] Ketua Dewan Pembina Banderano Tolaki, Hedianto[/caption]

INILAHCELEBES.ID, KENDARI - Bawa Pobende Sara No Tolaki (Banderano Tolaki), suatu lembaga yang menjadi salah satu wadah Advokasi Budaya, khususnya budaya masyarakat Suku Tolaki di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Suku Tolaki sendiri adalah salah satu suku asli yang mayoritas bermukim di bagian daratan Propinsi Sulawesi Tenggara.

Selain sebagai wadah Advokasi Budaya, lembaga ini juga mempunyai fungsi lainnya, yaitu sebagai wadah dalam menjalin tali silaturahmi di kalangan pemuda atau masyarakat Tolaki.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pembina Banderano Tolaki, Hedianto kepada Inilahcelebes.id.

"Banderano Tolaki bertujuan sebagai Advokasi Budaya dan juga mempertahankan harga diri serta eksistensi Suku Tolaki. Selain itu, juga sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi sesama pemuda Tolaki," ungkap pria yang juga anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ini.

Dari penelusuran inilahcelebes.id, lembaga yang didirikan tahun 2014 lalu telah beberapa kali menyelesaikan kasus-kasus SARA atau ujaran kebencian terhadap golongan/suku yang terjadi dibeberapa kota di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Saat ini, sekretariat Banderano Tolaki berada di jalan Pasa'eno No. 5 Kota Kendari dan bergabung dengan kantor Lembaga Adat Tolaki. Sementara Bawa Pobende Sara No Tolaki itu berarti Laskar Pelindung Adat Tolaki.

Laporan: Arman Tosepu
Editor: Firman

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di emial anda secara gratis.

Posting Komentar