KPU Goes to Campus Sambangi Mahasiswa Baru Universitas Puangrimaggalatung

Wakil Rektor Uniprima, Dr Muhammad Hasbi menyampaikan sambutan dalam kegiatan KPU Goes to Campus

INILAHCELEBES.COM, Wajo - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Kabupaten Wajo terus aktif melakukan kegiatan kepemiluan dengan terus melakukan pendidikan pemilih.

Hal itu dilakukan KPU meski Kabupaten Wajo tidak melaksanakan pemilihan serentak tahun 2020 ini.

Kali ini, KPU Wajo mengisi acara di Aula Kampus Universitas Puangrimaggalatung (Uniprima) Sengkang dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Uniprima,  Selasa, (15/9/2020).

Di hadapan ratusan mahasiwa baru Uniprima, Zainal Arifin menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara Uniprima dan KPU Wajo dalam Program Sosialiasi dan Pendidikan Demokrasi yang dikemas dalam kegiatan "KPU Goes to Campus".

Dalam pemaparan materinya, Zainal menjelaskan tentang pentingnya demokrasi sebagai sistem penyelenggaraan Negara.

Ia juga menegaskan bahwa Pemilu atau Pemilihan merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpin di tingkat nasional maupun daerah. Selain itu, Pemilu dan Pemilihan sebagai pilar utama demokrasi yang menjadi instrumen yang menentukan arah kebijakan publik suatu negara atau daerah.

Komisioner KPU Wajo, Zainal Arifin saat menyampaikan materi sosialisasi di hadapan ratusan mahasiswa baru Uniprima
Oleh karena itu, semua komponen bangsa harus terlibat dalam mengawal jalannya proses demokratisasi agar berjalan sebagaimana mestinya.

"Untuk memastikan demokratisasi berjalan dengan baik, harapannya bukan hanya bergantung pada kinerja penyelenggara Pemilu saja (KPU dan Bawaslu), melainkan membutuhkan partisipasi oleh semua pihak, termasuk kampus sebagai institusi pendidikan yang diharapkan dapat memberikan penguatan nilai-nilai demokrasi di tengah masyarakat, utamanya bagi mahasiswa," ungkapnya.

Senada, Andi Tenri Sampeang, mengajak mahasiswa untuk terlibat dalam setiap proses tahapan Pemilu atau Pemilihan. Menurutnya, mahasiswa harus memainkan peran penting dalam mengawal proses tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya mengawal proses Pemutakhiran Data Pemilih sebagai upaya menjaga hak konstitusional warga negara.

Wakil Rektor Uniprima, Dr. Muhammad Hasbi mengapresiasi program KPU. Menurutnya apa yang dilakukan oleh KPU Wajo merupakan proses konsolidasi demokrasi yang harus terus digalakkan.

Ia pun berharap materi yang disampaikan oleh KPU Wajo dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan mahasiswa terutama dalam hal berdemokrasi. (Rls)

Editor: Fhyr

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال