News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gelar Penyuluhan, Tenri Sau: Buruh Tani Bisa Manfaatkan Limbah Jadi Pupuk

Gelar Penyuluhan, Tenri Sau: Buruh Tani Bisa Manfaatkan Limbah Jadi Pupuk


INILAHCELEBES.COM, Pammana - Mahasiswa Penelitian Penyelesaian program Doktor (S3) Universitas Negeri Makassar (UNM) Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan (PKLH), Tenri Sau, S.Pd, M.Pd menggelar penyuluhan di Desa Simpursia, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo, Senin (7/12/2020).

Penyuluhan tentang Pengembangan Model Pelatihan Usaha Alternatif Buruh Tani melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lingkungan ini digelar dalam rangka penelitian magister disertasi doktor UNM.

Tenri Sau mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih masyarakat buruh tani dalam pemanfaatan limbah pertanian menjadi pupuk organik yang berbasis lingkungan.

"Buruh tani bisa memiliki usaha alternatif melalui pembuatan pupuk organik bokashi. Selain itu, pengetahuan, sikap, dan perilaku, serta pendapatan buruh tani bisa bertambah," ujar Tenri Sau.

"Limbah pertanian bisa dimanfaatkan sehingga lingkungan di sekitar tidak lagi tercemar," tambahnya.


Penyuluhan ini dihadiri sejumlah buruh tani dan mahasiswa dari Universitas Puangrimaggalatung. Tercatat sekitar 40 peserta yang hadir dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini, hadir sebagai instruktur pelatihan, yakni Ambo Upe S.P M.P, Dosen Universitas Puangrimaggaltung, yang menjelaskan tentang pemanfaatan limbah pertanian.

Menurutnya, limbah pertanian merupakan hasil pertanian yang tidak dimanfaatkan secara langsung, termasuk sisa-sisa dari tanaman, ternak, dapur, dan lain sebagainya yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman. Limbah pertanian ini dapat dimanfaatkan dalam pembuatan pupuk tanaman.

"Salah satu limbah pertanian dari ternak yaitu kotoran sapi. Kelebihannya mengandung pupuk nitrogen, pupuk KCL, Pupuk DLT, dan mengandung pupuk lainnya yang tidak terdapat di NPK. Sehingga pupuk organik sangat bagus karena unsur hara mikro sebagian ada dalam kotoran sapi dan pupuk organik juga berfungsi memperbaiki tanah padat menjadi gembur," urainya. (Herdi)

Editor: Fhyr

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di emial anda secara gratis.

Posting Komentar