Maksimalkan Capaian Target Vaksinasi, Bupati Wajo Minta Stakeholder Edukasi Masyarakat

Bupati Wajo, Amran Mahmud pimpin Rapat Koordinasi bahas percepatan vaksinasi di Kabupaten Wajo
INILAHCELEBES.com, WAJO - Pemerintah Kabupaten Wajo terus berupaya memaksimalkan capaian target Vaksinasi di daerahnya agar Herd Immunity segera tercapai.

Untuk itu, Pemkab Wajo kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang membahas percepatan vaksinasi Covid-19, di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (25/10/21). 

Rakor digelar mengingat Wajo saat ini naik ke dalam kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Bupati Wajo, Amran Mahmud memimpin langsung rakor tersebut. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Wajo, para Kepala OPD, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, dan Lurah serta jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Wajo.

Amran Mahmud mengatakan, ada 17 kabupaten/kota di Sulsel yang tiba-tiba naik level PPKM ke level 3 termasuk Kabupaten Wajo.

"Itu terjadi karena capaian vaksinasi masih rendah atau di bawah 40 persen. Sementara kita di Wajo baru 28,96 persen," ungkapnya.

Amran mengharapkan, dalam waktu sepekan ini ada upaya mencapai vaksinasi 50 persen. Pasalnya dalam menghadapi Covid-19 ini, salah satu cara agar masyarakat memiliki tingkat imunitas, salah satunya vaksinasi.

Bupati meminta kepada seluruh stakeholder, camat, kepala desa, dan lurah untuk intens melakukan edukasi kepada masyarakat tentang vaksin.

"Banyak yang takut vaksin karena adanya isu-isu hoax di tengah-tengah masyarakat. Makanya diharapkan kerjasama kita semua untuk turun langsung memberikan edukasi kepada masyarakat kalau vaksin itu aman dan halal," tegasnya.

Oleh karena itu, melalui rapat koordinasi ini, lanjut Amran, kita akan memberikan kesempatan kepada perwakilan peserta rapat untuk menyampaikan perkembangan penanganan covid dan pelaksanaan vaksinasi serta kendala yang ditemui di lapangan.

"Berdasarkan hasil rapat nanti, kita akan segera minta tim ahli Satgas Penanganan Covid-19 Wajo untuk merumuskan kebijakan untuk mempercepat pencapaian cakupan vaksinasi ini," lanjutnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, Armin yang memandu jalannya rapat mengungkapkan, dari 300.814 target vaksinasi, cakupan dosis satu baru mencapai 87.109 orang atau 28,96 persen dan dosis dua 50.576 orang atau 16,78 persen.

"Saya harapkan dalam rapat koordinasi ini ada kesamaan persepsi dalam rangka percepatan vaksinasi di Wajo sehingga kita kembali ke zona hijau," ujarnya. (Fhyr)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال