News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Wajo Terima Penghargaan Proklim 2021, Ketua DPRD Wajo Beri Apresiasi

Pemkab Wajo Terima Penghargaan Proklim 2021, Ketua DPRD Wajo Beri Apresiasi

Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna (dok)
INILAHCELEBES.com, WAJO - Pemerintah Kabupaten Wajo kembali mendapat penghargaan nasional. Kali ini berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia, yakni Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama Tahun 2021.

Kategori utama ini sendiri terbagi dua, pertama, Trophy Proklim Utama artinya mendapatkan trophy, sertifikat, dan insentif dan kedua, Sertifikat Proklim Utama yang hanya mendapatkan sertifikat.

Hanya 54 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan Trophy Proklim Utama tahun 2021, 6 Kabupaten/Kota di antaranya dari Sulawesi Selatan, salah satunya Kabupaten Wajo.

Selain Trophy Proklim Utama, Kabupaten Wajo juga dinobatkan sebagai Penerima Apresiasi Pembinaan Proklim Tahun 2021. Penghargaan ini sebagai Kabupaten yang aktif dalam mendukung dan mengembangkan ProKlim sebagai bentuk kontribusi nyata para pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim. Untuk tahun 2021, ada 31 Kabupaten/Kota yang mendapatkan penghargaan ini.

Bupati Wajo, Amran Mahmud menerima penghargaan tersebut secara virtual pada acara puncak kegiatan Festival lklim Tahun 2021 Kementerian LHK. Kegiatan ini dipusatkan di Arboretum Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa, (19/10/21). Untuk Kabupaten Wajo, dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati Wajo.

Amran Mahmud mengungkapkan rasa bangga atas raihan penghargaan Proklim kategori Utama ini. “Proklim bertujuan untuk melakukan mitigasi dan adaptasi pada perubahan iklim. Sehingga nantinya diharapkan masyarakat mampu dan tangguh menghadapi perubahan iklim secara ekonomi dan pelestarian hidup," ucapnya.

Menurutnya, keberhasilan daerah meraih penghargaan ProKlim ini tentunya tidak terlepas dari peran aktif stakeholder terkait, utamanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta seluruh masyarakat yang telah melakukan upaya-upaya pengendalian iklim dalam menciptakan kegiatan mitigasi dan adaptasi.

Pada kesempatna itu, Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna juga turut mendampingi Bupati Wajo yang menerima penghargaan tersebut secara virtual.

Alauddin menuturkan, dirinya sangat mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Wajo itu. Menurutnya, hal itu hendaknya dijadikan motivasi ke depan.

“Prestasi ini diraih tentunya berkat kerja keras Bupati Wajo bersama seluruh stakeholder terkait. Semoga raihan prestasi bisa dipertahankan, bahkan kita tingkatkan pada tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Sebelumnya, tahun 2020, Kabupaten Wajo juga mendapat penghargaan Proklim dengan titik lokus Desa Makmur Kecamatan Penrang. Penghargaan Proklim diberikan bagi daerah yang memiliki inisiatif, dedikasi, dan diwujudkan dalam upaya secara nyata dalam pengendalian perubahan iklim. (Adv)

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar