News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sulsel Siap Sukseskan Pekan Kerukunan Internasional 2021 di Manado

Sulsel Siap Sukseskan Pekan Kerukunan Internasional 2021 di Manado

Pamflet Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi FKUB se-Indonesia tahun 2021 (Wardi/Kemenag Sulsel)
INILAHCELEBES.COM, Makassar - Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi FKUB se-Indonesia tahun 2021 bakal digelar di Sulawesi Utara, tanggal 17-22 November 2021 mendatang.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan membuka acara dan Wapres RI KH. Ma’ruf Amin yang akan menutupnya.

Peserta asal Sulawesi Selatan, di antaranya Kakanwil dan Kabag TU Kemenag Sulsel, Ketua FKUB Propinsi dan Kab/Kota se-Sulsel, Kasubag Ortala dan KUB, serta Kakankemenag Kab/Kota se-Sulsel juga bakal hadir dalam kegiatan ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel, Fathurrahman di ruang kerjanya, Senin (15/11/21).

“Kehadiran peserta asal Sulsel sebagai wujud kepedulian terhadap persoalan kerukunan umat beragama. Sulsel hadir untuk memberi pemikiran-pemikiran terkini, penting, dan strategis tentang pentingnya kerukunan sebagai salah satu potret kerukunan di Indonesia maupun di dunia internasional,” ujarnya.

Kegiatan Pekan Kerukunan Internasional 2021 ini, kata dia, juga bertujuan untuk mewujudkan semangat hidup bersama dengan mengembangkan moderasi beragama dan toleransi antar umat beragama. Guna terciptanya kehidupan beragama yang damai dan berkeadilan dan beradab, khususnya di Indonesia.

“Selain itu, menciptakan dialog internasional dalam lintas budaya maupun antar umat beragama dalam rangka mewujudkan semangat hidup rukun dan damai,” tambah mantan Kabid PD. Pontren Kanwil Kemenag Sulsel ini.

Kegiatan sepekan ini akan diisi dengan sejumlah agenda, di antaranya pencanangan Minahasa Utara sebagai Bumi Revolusi Mental, Sarasehan Nasional “Merajut Kerukunan dan Merawat Toleransi”, Pentaloka Nasional, Konferensi Nasional FKUB VI se-Indonesia, Kerukunan dan Legislative Expo Sulutgo.

Acara ini menghadirkan narasumber, di antaranya Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhajir Effendy, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Sekjen Kemenag RI, Ketua Assosiasi FKUB Indonesia, Kepala Pusat KUB Kemenag RI, dan Tokoh Majelis Tinggi 6 Agama.

Ziarah ke Rumah Rumah Ibadah, Anjangsana Kerukunan serta Pencanangan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi Se-Indonesia sebagai rangkaian Acara Penutupan.

Pekan Kerukunan Internasional di Manado ini juga diikuti oleh 105 orang peserta dari negara sahabat, Kementerian dan Lembaga 25 orang, Kepala Daerah 100 orang, Kakanwil Agama dan Kaban Kesbangpol 100 orang, serta perwakilan FKUB dan perwakilan 6 Agama 70 orang. (Wrd)

Editor: Yd

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar