News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gunakan Anggaran Swakelola, Pemkab Wajo Muluskan Ruas Jalan Ambo Dongi-Geddongnge Wajo

Gunakan Anggaran Swakelola, Pemkab Wajo Muluskan Ruas Jalan Ambo Dongi-Geddongnge Wajo

Alat berat mulai beroperasi di ruas jalan Ambo Dongi-Geddongnge, Desa Lagosi, Kecamatan Pammana. (Foto: dok. hms)
INILAHCELEBES.COM, WAJO - Upaya Pemerintah Kabupaten Wajo di bawah nahkoda Amran Mahmud-Amran, SE dalam memuluskan jalan rusak di daerahnya secara perlahan mulai menampakkan hasil.

Meski di tengah keterbatasan anggaran akibat refocusing untuk penanganan pandemi COVID-19, Pemkab Wajo mengklaim tetap menggenjot pembangunan infrastruktur, salah satunya dengan memprioritaskan pengerjaan ruas jalan yang kondisinya rusak parah.

Selain itu, karena terbatasnya anggaran, khususnya untuk peningkatan ruas dan pelaksanaan pekerjaan secara permanen, Bupati Wajo memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) untuk melakukan pemeliharaan pada beberapa ruas yang jadi prioritas melalui anggaran swakelola.

Kepala Dinas PUPRP Wajo, Andi Pameneri mengatakan, beberapa ruas jalan yang selama ini sudah dalam kondisi memprihatinkan, untuk sementara dilakukan pemeliharaan.

"Jadi sambil menunggu pelaksanaan pekerjaan secara permanen, beberapa ruas kami lakukan pemeliharaan secara swakelola. Ini sebagaimana arahan Bupati," ucap Pameneri, Sabtu (11/12/21). 

Diungkapkannya, salah satu ruas jalan yang sementara dalam pengerjaan, yaitu ruas Ambo Dongi-Geddongnge, Desa Lagosi, Kecamatan Pammana.

"Ruas ini sepanjang 1.780 meter dan sudah lama dalam kondisi memprihatinkan sehingga kita lakukan penanganan dengan meratakan dan memadatkan agar bisa lebih nyaman dilewati oleh masyarakat pengguna jalan," ucapnya.

Terbatasnya anggaran karena refocusing, pengerjaan jalanan ini menggunakan anggaran swakelola. (Foto: dok. hms)
Mantan Camat Keera inipun menuturkan, upaya-upaya seperti ini jadi bukti keseriusan Bupati dan Wakil Bupati Wajo mengupayakan agar program infrastruktur tetap berjalan meskipun di tengah pandemi.

"Kita berharap agar masyarakat bisa bersabar karena kita tetap maksimalkan pembangunan sesuai dengan prioritas dan kemampuan penganggaran," tuturnya.

Sementara, Camat Pammana, Junisatri Rasyid menyampaikan, ruas jalan Ambo Dongi-Geddongnge sudah puluhan tahun tidak pernah tersentuh anggaran. Selama ini, untuk penanganan hanya menggunakan dana desa.

"Atas nama Pemerintah Kecamatan dan masyarakat Pammana, khususnya Desa Lagosi, sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas upaya Pemkab Wajo untuk penanganan ruas ini. Kita berharap, selain pemeliharaan, akan dilakukan pekerjaan secara permanen. Begitu juga untuk ruas-ruas lainnya," harapnya. (Red)

Editor: Hrd

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar