News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Puluhan Tahun Tak Tersentuh, Warga Calodo-Pammana Akhirnya Nikmati Jalan Beton

Puluhan Tahun Tak Tersentuh, Warga Calodo-Pammana Akhirnya Nikmati Jalan Beton

Pembangunan jalan beton di ruas jalan Calodo-Lapaukke, Kecamatan Pammana hampir rampung. (Foto: dok. hms)
INILAHCELEBES.COM, Pammana-Pembangunan jalan beton di ruas jalan Calodo-Lapaukke, Kecamatan Pammana dengan volume total 1.260 meter x 4,5 meter untuk dua segmen hampir rampung. Nilai kontraknya mencapai Rp6,29 miliar.

Data terakhir yang dihimpun, progresnya sudah mencapai 97,92 persen. Atas pengerjaan jalan ini, Kepala Desa Lapaukke, Rosnawati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati, Amran Mahmud-Amran SE.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Desa Lapaukke menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan peningkatan ruas jalan Callodo-Lapaukke menjadi beton," kata Rosnawati.

Rosnawati mengungkapkan, ruas ini sudah puluhan tahun tidak tersentuh pembangunan. Kondisinya pun dahulu sangat memprihatinkan dan ekstrem untuk dilalui. Bahkan beberapa pengendara, khususnya roda dua sering mengalami kecelakaan.

"Alhamdulillah sekarang sudah sangat representatif dan nyaman dilewati untuk mobilisasi dari dan ke Desa Lapaukke. Apalagi Desa Lapaukke memiliki potensi produksi hasil pertanian dan perkebunan yang cukup melimpah. Ini bisa menaikkan harga jual hasil produksi masyarakat kita," bebernya.

Rosnawati menambahkan, berkat upaya Pemkab Wajo, pada 2019 lalu pihaknya mendapatkan bantuan peningkatan ruas jalan beton untuk ruas Bila-Nyelle sepanjang 6,7 kilometer sehingga untuk mengakses Kabupaten Soppeng via Callodo-Lapaukke-Soppeng pun sudah sangat nyaman dilewati.

"Kita berharap agar ruas lainnya di Kecamatan Pammana, khususnya di Desa Lapaukke, untuk bisa dilakukan peningkatan ruas, minimal dilakukan pemeliharaan seperti ruas Lapaukke-Maroanging," harapnya.

Kondisi ruas jalan Calodo-Lapaukke, Kecamatan Pammana sebelum pembangunan jalan beton
Masyarakat pun menyambut antusias dengan selesainya perbaikan jalan di daerahnya. Salah satu akun media sosial Facebook menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Wajo. Bahkan, si pemilik akun menyertakan video yang berisi kondisi jalan sebelum dan sesudah dilakukan peningkatan ruas.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Wajo, Andi Pameneri, menyampaikan bahwa lanjutan peningkatan jalan beton ruas Calodo-Lapaukke sudah pada tahap penyelesaian.

"Data terakhir dari progres pelaksanaannya sudah 97,92 persen. Untuk tahun ini, ruas Lapaukke-Maroanging juga sementara kita lakukan pemeliharaan agar bisa sedikit melancarkan mobilisasi masyarakat," ucapnya.

Pameneri melanjutkan, Bupati dan Wakil Bupati berkomitmen untuk terus memaksimalkan pembangunan infrastruktur dengan dana yang tersedia di tengah refocusing untuk penanganan Covid-19.

"Bupati bersama anggota DPRD Wajo juga terus berupaya mengusulkan dan memperjuangkan di tingkat pemerintah pusat dan pemerintah provinsi agar jalan nasional dan jalan provinsi di Kabupaten Wajo juga mendapatkan perhatian khusus," tuturnya. (Adv)

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar