Momentum HAB Tingkat Sulsel, Ratusan PNS Raih Penghargaan

Peringatan HAB ke-76 Kemenag tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. (Foto: wardy/Inilahcelebes)
INILAHCELEBES.COM, Makassar - Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama tingkat Provinsi Sulsel tahun ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (03/12/22).

Dalam sambutan tertulisnya, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Sekprov Sulsel pada Puncak Peringatan HAB ke-76 mengatakan, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

"Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52% pada tahun 2020 menjadi 83,92% pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46% menjadi sebesar 72,39% pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28% pada tahun 2019 menjadi 78,90% pada tahun 2021," ujarnya.

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kemenag telah mengajukan kepada Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 PNS lingkup Kemenag dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

"Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76
ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang PNS Kemenag," ujarnya.

Kakanwil Kemenag Sulsel bersama Pimpinan Wilayah BSI Sulsel menyerahkan bantuan uang tunai untuk pembangunan Madrasah dan Pesantren, yakni MDIA Bontoala dan DDI Galesong Baru
Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel H. Khaeroni usai Upacara secara khusus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh mitra kerja Kemenag.

Mulai dari Gubernur, DPRD Provinsi dan Kab/kota se-Sulsel, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Bupati/Walikota se-Sulsel, Tokoh Agama dan Majelis Agama, Ormas, serta sahabat Media, atas dukungan dan kerjasamanya membantu kelancaran tugas dan program Kementerian Agama Sulawesi Selatan selama ini.

"Lebih khusus, tentu tidak lupa saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh aparatur Kemenag, baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya," tuturnya.

Di Upacara HAB ke-76 itu juga, Sekda Sulsel menyematkan secara simbolis penghargaan Satya lencana Pengabdian 10, 20 dan 30 tahun dari Presiden Republik Indonesia kepada aparatur Kementerian Agama baik yang berasal dari Kanwil, Kemenag Kota Makassar, BDK dan Balitbang Keagamaan Makassar, yang jumlah keseluruhannya sebanyak 963 orang.

Kakanwil Kemenag Sulsel bersama Pimpinan Wilayah BSI Sulsel juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai untuk pembangunan Madrasah dan Pesantren dari Bank Syariah Indonesia (BSI) kepada dua Pondok Pesantren di Kota Makassar, yakni MDIA Bontoala dan DDI Galesong Baru. (Wrd)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال