Tim PMP Universitas Puangrimaggalatung Gelar Pelatihan Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah Anggota PGRI Yassiwajori


InilahCelebes.com, Wajo - Sebanyak 42 guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Yassiwajori mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan dan publikasi karya ilmiah di SMA Negeri 1 Wajo, Sabtu (07/10/23).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim Pengabdian Masyarakat Pemula Universitas Puangrimaggalatung ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudiristek.

Beberapa bagian penting dalam kegiatan ini, di antaranya pengenalan Karya Ilmiah, penerapan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas, cara mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal nasional ber-ISSN.


Materi penulisan karya ilmiah dibawakan oleh Dr. Muh. Hasbi Abbas, S.T., M.T., M.M., sedangkan untuk materi teknik publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional ber-ISSN adalah Dr. Ahmad Yani, M.Pd. 

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP), Ahmad Ghazali Samad, S.S., M.Pd. menjelaskan, niat awal dari kegiatan ini adalah untuk bisa membantu meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya di jurnal nasional. 

"Karena secara jelas dalam PANRB nomor 16 tahun 2009 dikatakan bahwa bagi seorang guru kenaikan pangkat dan golongan ruang mensyaratkan adanya publikasi ilmiah," ujarnya.

Hal ini mendorong Tim PMP dari Universitas Puangrimaggalatung untuk bisa menggelar kegiatan dimaksud sehingga akan memberikan manfaat yang lebih luas bagi para guru.


Salah satu guru yang menjadi peserta kegiatan adalah Hardiati Sanusi, S.Pd. Dia menuturkan bahwa sebagai guru dirinya sudah banyak mendengar tentang penulisan karya ilmiah dan PTK yang biasa dilakukan. 

"Tapi untuk publikasi karya ilmiah masih butuh pendampingan," tuturnya.

Sementara, Ketua Pengurus PGRI Cabang Yassiwajori, Gustan Nur, S.Pd., M.Pd. sangat mengapresiasi kegiatan ini.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan," ujar Gustan. (Red)

Editor: Hrd

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال