News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bagikan 200 Sertifikat Pertanian di Sabbangparu, Pemda Wajo Bakal Genjot Industri Persuteraan

Bagikan 200 Sertifikat Pertanian di Sabbangparu, Pemda Wajo Bakal Genjot Industri Persuteraan



INILAHCELEBES.ID, Wajo - Pemerintah Kecamatan Sabbangparu mengadakan Musrenbang tingkat kecamatan di Gedung Olahraga Sabbangparu, Jumat (01/03/2019).

Camat Sabbangparu, Tusman dalam sambutannya mengatakan, pihaknya telah mengadakan Musrenbang tingkat desa dan kelurahan beberapa waktu yang lalu dengan mengacu pada Visi Misi Bupati Wajo.

"Masih banyak keluhan masyarakat kami di Sabbangparu ini, seperti pembangunan jembatan baru yang bisa menghubungkan 3 desa, persuteraan di Sabbangparu supaya mendapat perhatian, dan juga daerah kami yang termasuk daerah rawan banjir," papar Tusman.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan 200 sertifikat pertanian kepada 6 desa di Sabbangparu.

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, forum tersebut merupakan tempat menyatukan pandangan, untuk merencanakan pembangunan 2020 dan jadi tanggung jawab untuk diimplementasikan sesuai harapan masyarakat yang dikemas dalam Visi dan Misi Pemerintah Daerah Wajo menjadikan Wajo maju dan sejahtera, dalam hal ini maju dalam segalanya, yaitu maju pendidikan, maju dalam pelayanan, dan maju dalam ekonomi yang ujungnya mensejahterahkan masyarakat.

"Semua itu harus menghadirkan pemerintahan yang amanah dan kami berharap bisa merumuskan skala prioritas untuk dimajukan di Musrenbang tingkat kabupaten dan menjadi titik tolak di tahun 2020," kata Amran.

Tentunya, kata Amran, pemerintah ingin memberi yang terbaik kepada masyarakat. "Mari kerja keras, kita mudahkan yang bisa dipermudah, gratiskan yang bisa digratiskan, memberikan fasilitas dan pelimpahan beberapa wewenang kepada kecamatan dan desa supaya mempermudah masyarakat," lanjut Bupati Wajo.

Amran juga menuturkan, Integrated Farming Sistem yang merupakan sistem pertanian terpadu, diharapkan dapat meningkatkan produktifitas pertanian sehingga petani bisa lebih produktif dan lebih sejahtera. Dimulai dari persawahan, tanaman hortikultura, peternakan, dan perikanan dalam satu lingkungan yang akan diberi sentuhan teknologi dan pendampingan kepada para petani.

"Mengenai persuteraan di Sabbangparu ini, kita mau supaya ikon Lipa Sabbe (sarung sutera, red) terutama ikon Lipa Sabbe Tau Sengkange, kita mau genjot dari hulu, utamanya dari Sabbangparu, kita majukan petani-petani murbey supaya persuteraan kita maju," harap Bupati Wajo. (Adv)

Editor: Fhyr

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar