News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ekosistem Crypto untuk Gerakkan Ekonomi Digital

Ekosistem Crypto untuk Gerakkan Ekonomi Digital

Ilustrasi Bitchoin
Hampir seperempat juta orang Australia dapat membuat, memperdagangkan, dan mengamankan cryptocurrency dan aset digital pada tahun 2030, dan itu tidak harus membuat lampu padam.

Karir berdampak tinggi di masa depan termasuk teknisi superkomputer, analis pasar dan dealer, arsitek keamanan dan perangkat lunak, pengacara, ilmuwan data, dan auditor, menurut laporan oleh Ernst & Young yang dirilis pada hari Selasa.

"Mata uang kripto dan aset digital adalah industri yang berkembang pesat dan akan menjadi bagian besar dari ekonomi masa depan kita," kata ketua komite teknologi keuangan Senat Andrew Bragg.

"Tidak ada waktu untuk di sia-siakan."

Cryptocurrency, aset digital, dan ekonomi blockchain dapat menjadi lebih besar daripada industri pariwisata, pertanian, dan energi Australia, menurut laporan tersebut.

Dengan penyerapan yang didukung oleh peraturan baru, ekosistem aset digital dapat memberikan manfaat ekonomi senilai $250 miliar selama dekade berikutnya.

Laporan yang dibuat oleh penyedia infrastruktur digital Mawson menemukan ruang untuk keuntungan besar di bidang keuangan, layanan profesional, dan sektor kesehatan.

“Mengingat sifat intensif energi dari banyak kegiatan terkait kripto, industri sumber daya dan energi, termasuk energi terbarukan, juga akan mendapat manfaat yang kuat.”

Mawson dan manajer investasi energi terbarukan Quinbrook baru-baru ini berkolaborasi untuk memberi daya pada fasilitas penambangan kripto Byron Bay 20 megawatt milik Mawson dengan pembangkit energi terbarukan biomassa di dekat Quinbrook.

Industri cryptocurrency dan aset digital dapat menghasilkan $68,4 miliar - sekitar 2,6 persen dari ekonomi nasional - pada tahun 2030 dan mempekerjakan 205.700 orang, atau 17 kali lipat tenaga kerja crypto saat ini, kata laporan itu.

Sementara sektor ini dapat menciptakan "dampak ekonomi yang berarti", penambangan kripto memiliki jejak energi yang signifikan.

Bitcoin sendiri diproyeksikan mengkonsumsi 0,5 persen dari konsumsi listrik di seluruh dunia pada tahun 2021 atau 43 persen dari konsumsi listrik sektor perbankan global.

Penambangan kripto melibatkan node yang terhubung ke jaringan blockchain yang memecahkan algoritma kriptografi yang dikenal sebagai "fungsi hash".

Tetapi metode baru diharapkan untuk memotong sejumlah besar energi yang dikonsumsi karena pemegang cryptocurrency dapat mendelegasikan saham mereka ke satu operator, atau node, daripada semua bersaing satu sama lain.

Tiga dari 10 cryptocurrency teratas dunia - Cardano, Solana dan Polkadot - menggunakan mekanisme ini, kata laporan itu.

Lebih banyak kemitraan antara infrastruktur data dan perusahaan infrastruktur energi juga diharapkan.

Mawson dan manajer investasi energi terbarukan Quinbrook baru-baru ini berkolaborasi untuk memberi daya pada fasilitas penambangan kripto Byron Bay 20 megawatt milik Mawson dengan pembangkit energi terbarukan biomassa terdekat di Quinbrook.

Laporan tersebut mengatakan instrumen keuangan yang mendukung blockchain dapat membuat pembayaran lebih murah dan lebih cepat, membuka bentuk kepemilikan dan kelas aset baru, dan memacu investasi dalam infrastruktur terkait kripto.

Teknologi Blockchain memungkinkan perdagangan langsung antara pihak-pihak di jaringan publik atau pribadi yang terdesentralisasi, sebagai alternatif dari institusi tradisional besar dan cara pembayaran yang mapan.

Menggunakan buku besar digital, transaksi dicatat sebagai "blok" dan terhubung ke "rantai" transaksi sebelumnya.

Setiap blok baru diamankan ke rantai transaksi sebelumnya dengan algoritme dan tidak dapat diubah.

Karakteristik ini memungkinkan cryptocurrency untuk diperdagangkan secara aman peer-to-peer tanpa keterlibatan perantara seperti bank atau pemerintah.

Perusahaan seperti Commonwealth Bank dan PayPal memungkinkan pelanggan untuk memegang dan menggunakan cryptocurrency.

EY mengharapkan bank Australia lainnya untuk mengikuti.

Bank juga dapat menyediakan layanan penitipan untuk membantu mengamankan aset dari peretas, kata laporan itu.

Layanan manajemen data diharapkan berkembang, memacu inovasi karena komputasi dan penyimpanan didorong ke batasnya.

Asuransi juga menjadi penting karena lonjakan nilai dompet dan pertukaran online menjadi target yang menarik bagi para penjahat.

Namun potensi Australia sebagai pemimpin di sektor ini membutuhkan dukungan regulasi dan perlindungan yang tepat di tengah kekhawatiran tentang perlindungan investor, integritas pasar, dan penegakan hukum.

"Australia belum memiliki sistem peraturan yang sesuai untuk tujuan," kata laporan itu.

Bendahara Josh Frydenberg telah mengumumkan peraturan baru yang disebut-sebut sebagai perbaikan pembayaran terbesar dalam 25 tahun.

Tetapi undang-undang masih perlu dirancang dan disahkan oleh parlemen, setelah pemilihan federal. (Berbagai sumber)

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar