News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HSBC Menuntut Rencana Keluar Dari Batubara pada Akhir Tahun 2023

HSBC Menuntut Rencana Keluar Dari Batubara pada Akhir Tahun 2023

Bank terkemuka Eropa, HSBC (foto: int)
HSBC, bankir terkemuka Eropa untuk perusahaan Asia, telah menetapkan kebijakan yang telah lama ditunggu-tunggu tentang pembiayaan batubara termal, dengan mengatakan pihaknya mengharapkan semua kliennya memiliki rencana untuk keluar dari bahan bakar fosil pada akhir tahun 2023.

Batubara diperdebatkan oleh pemerintah di seluruh Asia karena mereka ingin beralih dari sumber energi yang murah dan banyak digunakan, tetapi padat karbon untuk membantu memenuhi komitmen global untuk mengurangi emisi dalam memerangi perubahan iklim.

Berdasarkan rencananya, HSBC akan mengurangi eksposur ke pembiayaan batubara termal setidaknya 25 persen pada tahun 2025 dan 50 persen pada tahun 2030, meskipun klien non-UE atau non-OECD dapat didanai hingga penghentian global pada tahun 2040, kepala keberlanjutannya mengatakan kepada Reuters.

Membangun janji yang ada untuk tidak membiayai pembangkit listrik tenaga batu bara baru atau tambang batu bara termal, HSBC mengatakan kebijakan itu akan membantu menghapus penggunaan batu bara yang ada sejalan dengan ilmu perubahan iklim dan ditinjau setiap tahun.

"Kita perlu mengatasi beberapa masalah sulit secara langsung. Batubara adalah salah satu masalah besar. Batubara menyumbang 25 persen dari emisi gas rumah kaca global," kata Chief Sustainability Officer Grup HSBC Celine Herweijer.

"Tidak cukup baik untuk memiliki kebijakan tentang tidak ada batu bara baru. Kita perlu mengalihkan perhatian kita pada penghapusan batu bara yang mendesak di samping garis waktu ilmiah".

Sebagai salah satu bank terbesar di Eropa dan dengan eksposur ke industri di pasar negara berkembang di Asia dan di tempat lain, HSBC telah menghadapi tekanan dari investor dan aktivis untuk memotong pendanaan kepada mereka yang menggunakan batu bara, bahan bakar fosil yang paling kotor.

Pada putaran terakhir pembicaraan iklim global di Skotlandia bulan lalu, pemerintah untuk pertama kalinya mengakui bahwa bahan bakar fosil adalah pendorong utama pemanasan global, meskipun negara-negara yang bergantung pada batu bara, termasuk India dan China, hanya akan setuju untuk "mengurangi secara bertahap". " pembangkit listrik tenaga batu bara.

Sementara HSBC, yang sama dengan rekan-rekannya, sebelumnya telah menetapkan komitmen tingkat tinggi untuk mencapai emisi nol karbon bersih di seluruh basis pelanggannya pada tahun 2050, para aktivis telah mengkritik kekuatan dan detail kebijakannya.

Hal itu mendorong beberapa investor untuk mendukung pemungutan suara pemegang saham yang direncanakan mengenai masalah ini pada pertemuan tahunan perusahaan tahun ini, meskipun mereka menarik ancaman tersebut setelah perusahaan berjanji untuk merilis rincian tentang batubara pada akhir tahun ini.

Dalam kemenangan bagi para juru kampanye, HSBC mengatakan kebijakan barunya akan berlaku untuk semua bagian bisnisnya, termasuk cabang manajemen aset senilai US$621 miliar, dan mencakup semua aspek pembiayaan, termasuk pembiayaan kembali dan layanan konsultasi.

Bank mengatakan tahun depan akan mengumumkan target berbasis ilmu pengetahuan untuk pembangkit listrik tenaga batu bara sejalan dengan pembatasan pemanasan global pada 1,5 derajat Celcius di atas rata-rata pra-industri, dengan kemajuan pemotongan pembiayaan batu bara termal akan diterbitkan setiap tahun.

Bank mengatakan akan menarik layanan dari klien mana pun yang berupaya memperluas produksi batubara termal setelah 1 Januari 2021, dan tidak akan lagi membiayai klien di pasar UE/OECD di mana batubara termal menghasilkan lebih dari 40 persen pendapatan, atau 30 persen. persen dari tahun 2025, kecuali uang itu secara eksplisit digunakan untuk teknologi atau infrastruktur bersih.

"Kami tidak mengharapkan setiap klien memiliki rencana transisi yang kredibel... dalam kasus itu, kami harus menjauh dari hubungan itu," kata Herweijer.

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar